11 May 2012

Bali, kemarin.

Kamis kemarin, saya ke Bali. 3 hari 2 Malam.
Agak gondok pas berangkat karena maskapai Singa Udara yang menjadi pilihan saya karena harga tiketnya paling murah ini bikin saya pindah gate dan ngendon di pesawat selama 25 menit. Tapi mungkin karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan (satu jam sebelum keberangkatan di airport hujan besar), jadi saya pura-pura maklum.

Sampai di Bali, satu jam terlambat dari jadwal.
Rasanya pingin saya lemparin bom kentut ke pesawat tadi, tapi niat mulia itu saya urungkan, karena saya lagi nggak punya stok bom kentut, adanya stok bom cinta, buat ketemu kamu :">
*dilemparin bom beneran sama pembaca*

Oh iya, saya lupa bilang apa maksud dan tujuan saya ke Bali kemarin. Tujuannya adalah......... Siap-siap......
*drum rolls*
SAYA MAU PACARAAAAAN!
*tebar confetti sepanjang postingan*
Kenapa harus hari Kamis dan pulangnya Sabtu?
Karena eh karena, saya mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja 6 bulan belakangan dan SEMUA pekerjaan termasuk hand-over seluruh pekerjaan baru selesai hari Rabu, jadi saya memutuskan untuk berangkat hari Kamis. Juga, hari Minggu itu pacar saya udah bilang mau pulang kampung (which is saya bingung yang disebut "kampung" di Bali itu di mana) dan ada upacara yang khusus diadakan sebelum keberangkatannya ke Amerika sana. Jadi, begitulah jadwalnya. One of the advantage is, TIKET PULANGNYA SEHARGA TIKET PERGI. Jangan harap saya dapet tiket murah kalo pulangnya hari Minggu. Hayah.

Oke, lanjut.
Saya ini juga sengaja nggak bilang sama pacar saya kalo saya mau ke sana. Tapi emang dasar turunan dukun apa dia ikut REG sepasi JENENG, dari pagi dia udah repot nanyain saya di mana, lagi apa, sama siapa aja, abis ini mau ke mana which is menandakan kalau he's feeling something fishy. Dari saya mau ke airport, di airport, sampe saya di pesawat sebelum terbang, sampe nyampe Ngurah Rai, nanyaaaa mulu kayak pegawai kelurahan insecure. Saya sampe nyerah dan nggak bales satupun SMSnya maupun ngangkat satupun teleponnya. Jadi, begitulah. Untung abis itu dia bilang mau futsal bareng teman-temannya, jadi saya bisa tarik nafas lega.

Saya butuh satu jam untuk nyari hotel, ditemenin sama temen saya. Dengan rate dan fasilitas yang sepadan, saya memilih hotel di daerah Popies, Kuta. Kenapa di situ? Karena saya nggak kenal daerahnya dan nggak suka tempat yang sepi. So, there I go :D

Abis dapet kamar, taruh barang, saya pergi makan sama temen saya sampe akhirnya nyamperin pacar ke tempat dia main futsal. Saya melakukan hal genius yang tidak dapat diterima: Menelpon pacar. YAKALI ORANG FUTSAL BAWA-BAWA HENPON! Tapi ujung-ujungnya diangkat juga.
Him: "Halo"
Me: "Sayang, di mana?"
Him: "Futsal. Ntar dulu, ya"
Me: "Eeeh! Ntar dulu! Kamu keluar dulu!"
Him: "Keluar apa? Ini udah di luar"
Me: "Keluar dulu! Keluar lapangaaan!"
Him: "Ntar dulu aku mau main dulu!"
yes, people. Saya nggak pernah jadi prioritas kalo dibandingkan futsal dan video games :))
Me: "KELUAR SEKARANG!"
Dan percakapan pun berakhir di situ.

And there he was, memakai baju bola, keringetan, jalan kucluk-kucluk-kucluk nyamperin saya. TANPA EKSPRESI. Damn I hate him for being very "lempeng". I mean, INI GUE DATENG NYAMPERIN ELU NGGAK BILANG-BILANG LOOOH, MASA IYA ITU MUKE NGGAK BISA DIKASIH EKSPRESI KAGET WALAUPUN PURA-PURA, SEDIKIIIIIT AJA?
*geregetan sendiri*
Saya: *Nyengir*
Dia: "Aku tau kamu mau ke sini.. Lain kali harus lebih halus caranya, ya?"
SUMPAH DEMI APAPUN RASANYA PENGEN SAYA JAMBAK ITU PACAR SAYA PENGEN SAYA KETEKIN PAKE KETEK EVA ARNAZ JAMAN DULU YANG BULU KETEKNYA MASIH RUMBAI-RUMBAI TAPI SAYA NGGAK TEGA SOALNYA............pacar saya :">
*endingnya nggak enak*
*diketekin pembaca*

Kemudian terjadilah "Serah-terima Anita Si Anak Perawan Mama" antara teman saya dan pacar saya. Kemudian teman saya pulang, mungkin dengan perasaan bahagia karena tidak lagi direpotkan oleh ulah saya :)))

Dan kami pun juga pergi, saya pikir saya mau nemenin dia main futsal dulu, ternyata mister pacar pun memutuskan untuk langsung memboyong saya keluar dari tempat gedebak-gedebuk itu. TUHAN MASIH SAYANG SAMA SAYA!
*sujud syukur*
Sempet mampir ke kosan pacar untuk ngambil persiapan menginap 3 hari 2 malam buat dia padahal hotel saya sama kosannya nggak jauh-jauh amat jaraknya. For those who are wondering kenapa saya nggak nginep di kosan pacar saya, NGGAK ADA LAMPUNYA :)) saya bingung apa yang membuat pacar saya belom dapet hidayah untuk ganti bohlam yang mati dari dua bulan yang lalu, yang jelas I'm not staying there. Lagian tetangga kosannya banyak yang merupakan keluarga. Saya nggak enak hati, jaga sopan santun aja :)

LAGIAN KAN KITA MAU MELAKUKAN HAL-HAL YANG AKAN MENGELUARKAN BANYAK SUARA DAN MANUVER-MANUVER TAK BERKESUDAHAN BERUPA.........nonton bola pake taruhan sambil berantem saya boleh nonton sambil ngerokok atau enggak. Well, we're that lame, yes.
*seka air mata haru*

Saya lelah seada-adanya. Baru tidur-tiduran sebentar, udah ditelpon lagi sama temen saya untuk nyusul dia. Pas dengan keadaan perut kosong pacar saya yang kalo makan kayak orang hamil kembar, kami pun keluar untuk makan. Ngobrol-ngobrol sebentar, pacar saya selesai makan, saya ngeborong sama jajanan pasar yang murah dan beripkir kalo kami akan nonton TV sambil cemil-cemil lucu, kami pun balik ke hotel. KALI INI TIDAK ADA AMPUN, SAYA MAU TIDUR!!
Dan benar,
tidak sampai 5 menit,
saya tidur.
Pulas.
Pacar asik nonton bola sendiri. Sambil "bertanggung jawab" makan jajanan pasar yang saya borong sebelumnya. Bodo amat.
:))))

Keesokan harinya.
Saya bangun siang. BANGET. Niatnya padahal mau sok-sokan bangun pagi terus liat sunrise dari pantai Kuta yang tinggal selepetan dari hotel kami. Nyatanya........SUNRISE NDHASMU :))
Bangun tidur, sikat gigi, kami langsung turun sarapan yang disediakan hotel..............DI HOTEL SEBELAHNYA. Saya baru nemu ada hotel se-tenggang rasa ini. Dan dari sekian banyak tamu yang lagi sarapan, cuma kami berdua-lah yang muncul masih dengan piyama dan muka belom mandi. Ya tapi gimana, kita laper, jadi hajar weh mau diliatin apa enggak. Untungnya saya nggak bawa rokok ke meja makan, bisa diliatin dengan pandangan nista dari pengunjung lainnya udah nggak mandi, ngerokok pula. Jadilah setelah makan, KAMI KABUR BALIK KE KAMAR :))

Balik ke kamar, mandi, siap-siap, terus check out pas jam 12. NAUJUBILAHIMINJALIK PANASNYAAAA. Udah gitu, saya mau pindah ke hotel yang lebih murah karena di hari kedua ini saya yakin saya akan banyak berada di luar, jadi pikiran pelit ekonomis saya mendorong saya untuk melawan teriknya matahari untuk nyari hotel baru yang lebih murah. Muter-muter Kuta-Legian, akhirnya kami dateng ke satu hotel. Tempatnya enak, adem, pas masuk pekarangan itu ada taman luas dan adem banget. Pas masuk kamar, tanpa AC, cuman kipas angin gantung yang gede itu aja dan acceptable buat saya. Kamar mandi juga dari shower sampe flush berfungsi semua. And I said yes to that room, sampe akhirnya saya sadar...."Bli, nggak ada TV, ya?"
Si Bli cuman menggeleng.
Oke.
This will be the end of the world.
Mulai detik itu, saya dan pacar menganggap kalau malam ini akan menjadi malam hening di mana kami bisa meningkatkan sisi religiusitas masing-masing.
*menghibur diri*
Tapi bener, sih. Kami seharian itu jalan-jalan. Cuman ketemuan sama temen saya yang lagi di situ juga, terus ke tempat teman kami yang satu lagi, ngobrol-ngobrol sampe sore, terus kami ke hotel teman kami yang letaknya TIGA PULUH MENIT dari tempat sebelumnya. Yang empunya kamar mandi dan segala macem, saya, pacar saya, sama pacarnya temen saya duduk berjejer di depan TV, nonton championship free-style BMX bike. Kami ber "OOOH! WOGH! WOOSSSHH!" kayak lagi nyanyi koor ngeliatin TV. Seru :))
Malemnya, saya dan pacar saya balik ke hotel buat mandi dan ganti baju, terus balik lagi ketemu temen saya buat makan malem bareng-bareng.
Sempet mau makan di satu pasar yang saya agak lupa namanya, tapi yang saya inget, saya sempet ngelirik bunga yang dijajarkan untuk dijual dan dikasih satu sama ibu penjualnya. Saya nyengir lebar sambil pamer bunga yang dikasih ibu penjual bunga ke pacar saya. Dia cuman senyum, terus bilang, "Baik-baik orang Bali, ya?"
Saya diam.
Lalu senyum.
Iya, sayang.. Orang Bali baik semua. Saya senang :)

Kami selesai sekitar tengah malam. Sebelum balik ke hotel, saya beli tiket buat pulang dan senang bukan kepalang karena harganya sama kayak harga tiket waktu saya berangkat yang berarti saya nggak rugi. Abis bayar, kami pulang ke hotel. Saya yang takut gelap dan sepi langsung parno pas mau masuk pekarangan hotel. Tapi untungnya banyak bule yang masih nongkrong-nongkrong ngobrol, jadi nggak sepi-sepi banget :D
Sampai di kamar, kami nggak langsung tidur. Kami ngobrol lama tentang banyak hal. Dia dengan mie instan-nya, saya dengan rokok saya. Kami ngobrol di beranda kamar. Dari jauh terdengar sayup-sayup musik jedag-jedug yang sama sekali tidak menarik perhatian saya. Hanya ada saya, dia, dan satu sosok kecil menyebalkan yang tidak bisa dikontrol, namanya kangen.
*hayah*

Sampai akhirnya, malam itu saya berakhir aman dalam pelukannya. Lelap.
:)

Keesokan harinya.
Saya bangun duluan,
terbangun, to be exact. Dari luar terdengar suara orang-orang menyanyi dan alunan alat musik tradisional. Saya sebut itu "pengajian"nya orang Hindu, tapi dia tertawa, dia bilang itu namanya..................saya lupa apa yang dia sebut ya.
*dilelepin*
Saya heboh merengek minta sarapan bubur ayam. Dengan mata setengah terbuka, dia menuruti. Saya makin sayang :))

Pulang sarapan, kami balik ke hotel. selesai mandi, kami tidur-tiduran sambil ngobrol-ngobrol bercanda, which is something that really rare for us to have. Kami mengobrol, tentang bagaimana nanti hubungan kami setelah dia berangkat berlayar ke Amerika. Kesepakatan awal adalah kami jalan dengan fokus masing-masing. Tapi nampaknya belum bisa. Kami sayang, kami punya satu keyakinan yang sama walaupun agama yang kami peluk berbeda.
Jadi keputusannya,
Saya tunggu.
Satu kali dulu.
Dia peluk saya,
kencang.
Saya diam,
diam-diam nangis, maksudnya. Sedih, bok. Nggak pernah kebayang rasanya ditinggal setahun, beda zona waktu, beda iklim, kurang komplit apa cobak?
:))

Sudah jam 12, waktunya check out hotel. Kami keluar hotel dan nyusulin teman kami. Mau jalan-jalan, pokoknya. Pilihannya kalo nggak Bedugul, ya Kintamani, pokoknya yang adem-adem. Saya sama teman saya nggak mau panas-panasan.
Kemudian pada akhirnya,
kami berakhir di................
Padang-Padang Beach.
...
NGGAK USAH KETAWA!!

Emang jauh BANGET keputusannya, but in fact, we had fun. So much. Kami selesai sekitar jam 6, makan malam, lalu ngebut ke airport. Saya harus pulang..

Kami sempat bertengkar di airport. Sampai pada akhirnya saya harus masuk untuk check in dan waktunya semakin mepet, saya nggak berani peluk dia. Saya hanya menempelkan hidung saya di dadanya, kesukaan saya. Saya minta maaf, dan pamit pulang. Mata saya merah, mata dia merah, tapi tidak ada dari kami yang menangis. Saya bangga sama kamu, sayang :)

Saya check in, dia pulang.
Air mata saya jatuh di situ, saat itu juga.
Anak nakal, jangan nakal :)

Pesawat saya tidak delay, tapi di tengah-tengah perjalanan kecium bau asap cobak, bikin panik. Tapi untungnya nggak kenapa-napa. AMAAAAN =))
Saya sampai di rumah dengan suara pacar saya di telepon yang menemani saya sepanjang perjalanan.

Setelah tutup telepon, saya duduk, diam dulu sebentar.
Lalu berpikir,
saya, sayang kamu,
dan keputusan ini, membuat saya percaya,
kalau keyakinan tidak akan salah,
dan hal baik,
tidak akan pernah tidak muncul tepat waktu.
:)