06 May 2013

ReviewnyahToskah: Looper. FOKUS, ANITA! FOKUS!

HALAW!
:D :D :D

Setelah lumayan lama rehat karena jadwal saya yang padat nan sibuk nan hectic nang ning nung ning nang ning nung, akhirnya saya memutuskan untuk kembali mengikat kepala dan menyeduh kopi gratisan nan rupawan dari @kopidimana (seriously, they roast the coffee by themselves! Highly recommended!), dan kembali ke dalam kancah per-review-an! Ihiy!
*seruput kopi*
Maka kali ini, film yang kurang beruntung mendapat review dari saya adalah.........
*drum rolls*
JENG JENG!!

pic source
LOOPER! 
Hayok pemirsah mana keprok tangannyaaaah?
*hening*

Baiklah. Mari kita mulai. Bismillah..

Adegan film ini dibuka dengan Kakang Joseph yang berperan sebagai........Joe (iya, saya juga mikir kalo si script writernya gak kreatip nyiptain nama. Sukur-sukur dia gak dikasih nama Gogon yang diambil dari Gordon-Levitt, atau mungkin.......Vivitt. FOKUS ANITA! FOKUS!! *tampar diri sendiri*) lagi duduk-duduk di ladang tebu sambil ngeliatin jam maghrib-maghrib. Saya pikir dia lagi nungguin wewe gombel apa gimana, tau-taunya mendadak muncul orang yang kepalanya ditutup tangannya diiket ke belakang. Terus si Kang Joe ini ngokang senapannya dan.......DOR! Diana metong. 
...
Saya gak ngerti. Wajar. Otak saya cetek.
Film terus berjalan, terdapat penjelasan tentang cerita dari film ini. Diceritakan bahwa orang yang mendadak muncul kayak Om Jin di sinetron Jin dan Jun kala Syahrul Gunawan masih sangat tampan dan hits dengan rambut belah tengahnya, merupakan orang dari masa depan yang dikirim dengan metode Time Travel. Nah, orang-orang yang dikirim dengan metode ini adalah orang yang dianggap 'sampah' dan karena di masa depan (ceritanya di sini 30 tahun kemudian) membuang dead body alias jenazah a.k.a mayit adalah hal yang hampir mustahil, jadi dikirimlah orang ini melalui Time Travel yang sebelumnya ditutup mukenye terus diiket tangannya. Kenapa pake segala digituin? Ya supaya durasinya kepake, kali. Kan butuh waktu tuh buat milih-milihin kain buat nutupin kepalanya, terus milih-milih simpul buat ngiket tangannya. Belom kalo si penjahat lupa jenis dan macam simpul yang akan digunakan, terus liat panduannya di buku pramuka..
FOKUS ANITA, FOKUS!!
*tampar diri sendiri*

Ya intinya sih gitu. Ada orang jahat di masa depan yang pengen ngebuang-buangin orang yang dia gak seneng, jadilah dikirim ke masa lalu untuk dibunuhin sama para Looper macam si Kang Joe ini. Kenapa namanya looper? Karena dia manusia. Kalo dia buntelan nasi ketan yang isinya ayam jadinya namanya lemper. Alright, the joke doesn't work. Kamu garing, Anita. Garing.

Lanjout?
Saya juga awalnya gak ngerti ini film tentang apa. Tapi karena saya orangnya gak mau rugi bandwidth, saya tetep nonton film ini dengan keras kepala. Terus ada scene dimana si Seth (temen baiknya Joe) dateng nggedor-nggedor pintunya si Joe tengah malem dengan ketakutan. Ternyata dia harus membedil (bahasa apa itu membedil? Menembak maksudnya) orang dari masa depan yang merupakan......dirinya sendiri.
ANJIS CREEPY.
Dan karena dia bingung plus kaget plus bewildered gak tau kudu ngapain, akhirnya si Seth dari masa depan ini kabur aja. Nah, karena dia membiarkan si Seth dari masa depan ini kaburlah, si Seth dari masa kini mendapatkan masalah dan menjadi buronannya Bapak Abe, bosnya para looper.
Jadilah Seth di masa kini dan Seth masa depan ini buronan si Abe dan antek-anteknya. One of them has to die, kalau enggak, bisa kacau dunia persilatan. Eitherway, you can't have everything at once, kan?

Nah. Sampe sini jelas penjelasan tentang Looper itu apa? Baiklah. Mari kita lanjutkan.

Singkat kata, Seth ini wafat karena si Joe ngasih tau ke Abe di mana dia nyembunyiin Seth dan berujunglah kepada pertemuan antara Seth dan ajalnya. Brengsek juga ini si Joe. Udah nyelametin, eh ngejerumusin lagi. PHP Lvl: ULTIMATE :)))

Kemudian film terus berjalan. Saya lupa karena emang menurut saya adegannya gak penting. Agak kepanjangan kalo menurut saya, narasinya juga kebanyakan. Jadi, saya nonton film ini sambil manggut-manggut antara ngerti dan enggak, sampai akhirnya.........
Joe has to kill himself from the future. 
ANJIS CREEPY PART.2.
Yakali gitu udah capek-capek nungguin di ladang tebu sendirian bareng butiran debu dan nyamuk juga lalat yang beterbangan juga menahan lapar dan dahaga, pas udah ngokang senapan............eh kudu bunuh diri sendiri. YA MANA ADA YANG BISA. LOGIKA DONG.
*kesel sendiri*

Anyway, yang meranin Joe pas udah tua ini si Oom (baca: Um) Bruce Willis loh. Masya Allah, udahlah si Kakang Joseph Gordon-Levitt gantengnya bikin keringetan, ditambah keker dan laki-nya Um Bruce pun! Ibarat kata mobil, yang begini mah modelan double blower! Adem depan belakang, cin!
*masuk angin*

pic source
Cobak ini yang begini siapa yang bisa tahan gak kepingin nyuapin air putihnya pake sedotan?

Untuk mengurangi kebingungan, mari kita sebut Joe di masa kini yang diperankan oleh Kang Joseph sebagai "Joe Joseph" dan Joe yang dari masa depan sebagai "Joe Bruce". Akur, ya? Akuuuur! Lanjout!
Singkat kata, Joe Joseph dan Joe Bruce jadi buronannya Abe. Yaiyalah, dua orang yang sama dari masa waktu yang berbeda tidak bisa dibiarkan hidup dalam satu periode secara berdampingan. Gantian dong ah. Mungkin melihat adegan ini, Seth lagi nontonin sambil ketawa-tawa makan popcorn di akhirat sana. "Mampus lu, Joe. Karma, kan" begitu mungkin katanya kurang lebih.

Film terus berjalan. Sempet kejar-kejaran antara Joe Joseph dan Kid Blue, anak buahnya Abe yang lainnya, sampe akhirnya si Joe Joseph ini kepleset pas kejar-kejaran dan jatuh, kemudian......
Scene muter lagi di saat Joe Joseph kongkow sendirian di ladang tebu nungguin korbannya yang mau dibedil sama dia. Gak lama, TRING! Muncullah korban itu, DOR! Dibedil sama Joe Joseph, tapi............Ternyata itu Joe Bruce.
ADOH SAYA GAK NGERTI KENAPA FILMNYA LOMPAT KEMARI LAGIIIIIIII??!!
*nonton filmnya ulang berkali-kali*
*tetep gak ngerti*
*emang otak saya yang terlalu cetek*
Pokoknya di scene ini, si Joe Joseph berhasil ngebunuh si Joe Bruce, kemudian memutuskan untuk berhenti jadi Looper, dan kemudian...........hijrah ke Cina.
*kunyah kue bulan*

Diceritaken si Joe Joseph ini sangatlah kaya raya seperti halnya anak muda yang foya-foya juga menggunakan narkoba. Bukan, ini bukan kisah hidupnya Raffi Ahmad, karena di sini diceritakan si Joe Joseph tidak memiliki affair dengan anggota legislatif di sana.
*ditabrak Chevrolet Camaro*
Tapi ya namanya juga manusia, ada up and down-nya. Duitnya si Joe Joseph lama kelamaan tiris juga. As the time goes by, dia mulai kembali menginjakkan kaki di dunia perbedilan. Kali ini bukan lagi jadi looper, tapi jadi perampok. Berikut liputan gambar yang saya ambil sendiri melalui screenshot:

MASYA ALLAH KALO PERAMPOKNYA MODEL BEGINI MAH JANGANKAN RAMPOK HARTA, RAMPOK HATI JUGA SAYA RELAAAAAAA!
*keringetan*

Dan diceritakan makin kemari si Joe Joseph makin tua, dan di sinilah Um Bruce ambil alih.
*musik jazzy mulai mengambil peran dalam membangun suasana layaknya malam pertama*
Adegan diawali dengan Um Bruce lagi duduk-duduk di suatu bar yang lagi ada keributan. LAH NGAPAIN SIK ADA TAWURAN MALAH DUDUK-DUDUK. Saya mah kalo jadi dia ngambil bir satu krat terus kabur. *jiwa penjarah muncul ke permukaan* nah, di tengah tawuran itu, si Um Joe Bruce ini ngeliat atau satu perempuan yang sudah standarisasi film Hollywood, berjalan dengan gerakan slow motion dan angin yang mengibarkan pakaiannya dengan dramatis.. Dan perempuan itu adalah....

Syahrini?

OHTENTUSAJABUKAAAN! Walaupun pakaiannya serupa dengan kaftan dan bulu matanya juga kalo ditiup pake kipas baso-nya Dragon Ball gak akan geser sehelai pun, perempuan ini jelas bukan Syahrini. Namanya Summer Qing. Mungkin di rumahnya dia punya motor yang bunyi knalpotnya merepet dan biasa dipakai untuk menjambret. Iya, RX-Qing. 
FOKUS ANITA! FOKUS!!
*diselepet selendang Summer*
Kemudian Joe Bruce dan Summer menikah. Tapi gak lama mereka nikah, muncullah anak buahnya si Rainmaker ini yang nangkep si Joe Bruce dan ngebunuh si Summer. Setelah saya pikir-pikir lagi, kasian juga ya yang meranin si Summer Qing ini. Udahlah awal kemunculan di film ini dibikin mirip sama Syahrini, nama tokoh yang dia peranin aneh, munculnya cuman sebentar, mati pula. Yang sabar ya, Ceu..
*puk puk*
Setelah dihajar dan digebukin sama si Asasin, dipersiapkanlah si Joe Bruce ini untuk travel time ke masa lampau, which is yang akan dibedil sama Joe Joseph. Tapi yang namanya jagoan ya pasti ngelawan lah. Setelah si asasin-asasin tengil ini abis dibunuh-bunuhin sama Um Bruce, dese tetep aja travel time ke masa lalu, untuk nemuin Joe Joseph. LAH NGANA NGAPAIN BALIK LAGI, CUMIIII??
*mulai kesel*

Si Joe Bruce ngelawan si Joe Joseph dan akhirnya Joe Joseph pingsan. Dih, dasar cemen. Dan karena si Joe Bruce ini dulunya waktu masih berperan sebagai Joe Joseph di masa lampau (bingung, ya? Saya aja nulisnya mikir ini), dia hapal betul akan gerak gerik dan tujuannya si Joe Joseph ini mau ke mana ketika dia sudah sadar dari pingsannya di ladang tebu itu. Oh iya, ada nomor-nomor yang tertulis di tangannya Joe Bruce yang dia sendiri itu gak tau apa. Mungkin kalo settingnya di Indonesia, dia udah pasang togel dan menang hadiah milyaran rupiah juga membership tetap di kafe disko dangdut terdekat dengan tuak dan arak. Tapi karena di sini settingannya merupakan sebuah masa yang penuh akan teknologi tinggi, jadilah si Joe Bruce ini ke semacam perpustakaan terdekat dan mencari data akan arti dari nomor-nomor itu, yang kemudian hasilnya muncul 3 data yang berupa bayi beserta alamatnya. Sampe sini, saya nontonnya masih bingung. Cetek banget kan emang otak saya. Ya mau begimana lagi..
*transplantasi otak*

Oh iya, saya belom jelasin tentang rainmaker, ya.
Rainmaker ini merupakan penjahat utamanya. Dia gak pernah keliatan dan identitasnya gak pernah ketahuan. Dia-lah sebenernya dalang dari semua ini. Dia yang memutuskan untuk membumi hanguskan para looper di masa depannya dengan mengirimnya ke masa lalu untuk dihabiskan oleh para looper. Intinya, dia meng-hire para looper di masa kini untuk membunuh para looper di masa depan yang dianggap "sampah". Lah iya, mungkin harusnya judul film ini adalah "Looperception"

Nah, si Joe Bruce ini dapetin hasil tentang 3 bayi dan alamatnya yang menurut dia berhubungan dengan si Rainmaker ini. Iya, one of them is a future Rainmaker.. ANJIS FILMNYA MULAI SERU.
*baru ngerti*
Si Joe Bruce pun nyamperin Joe Joseph ke tempat dia biasanya makan dan ngopi. Joe Bruce ngasih tau tentang apa yang dia dapet dan mereka pun sepakat untuk ngebagi tugas. Dan ternyata, salah satu anak yang diduga sebagai Rainmaker ini adalah anaknya Sara, yang kebetulan tinggalnya di deket ladang tebu tempat si Joe Joseph kongkow maghrib-maghrib sambil nungguin korban. Dasar film, "kebetulan"nya banyak beneur.

Dan pihak penjahat which is Abe dkk pun mulai tau akan keberadaan Joe Joseph yang memang udah jadi buron ini. Mereka mulai ngelacak si Joe dan kemungkina terbesar adalah, lambat laun para anak buahnya Abe akan datengin ke tempatnya Sara untuk sekedar investigasi. So he decided to stay at Sara's house in term of security matter. JIAELAH JOSEPH BISA AJEEEEEEEEEE~
Kenapa eh kenapa si Sara? Karena Sara ini punya anak, namanya Cid. Nah seperti yang udah saya ceritain di atas kalo si Cid ini termasuk salah satu "suspect" the future rainmaker. Mangkanya selagi si Joe Bruce bunuh-bunuhin dua anak yang lainnya, si Joe Joseph ini nungguin sambil harap-harap cemas apa bener si Cid ini the future rainmaker..

Sendirian aja, Bang Jo. Sini eneng peluk dari belakang biar gak kedinginan..

Emang dasar film, udahlah buang-buang durasi buat ngeliatin adegan Joe Bruce ngebunuh-bunuhin anak kecil gak bersalah, eh ternyata si Cid inilah biang keroknya.

pic source
Lucu beneur ini bocah pipinya minta diunyel-unyel. Tapi ternyata si Cid ini punya keahlian khusus yang kalo dia marah bisa bikin meledak. Yakali ntar kalo misalnya lagi kita unyel-unyel terus........meledak :))

"Iiiih, Cid. Kamu lucu banget siiii"
*Cid senyum-senyum kayak foto di atas*
"Iii. Sini tante unyel-unyeeel"
*Cid masih senyum-senyum*
*unyel-unyel*
BOOM. Gelap.
"Siapa Tuhanmu?"
YAKALI ABIS NGUNYEL-NGUNYEL DOANG TERUS DITANYAIN AMAL BAIK SAMA MALAIKAT DI ALAM KUBUR :))))

Si Sara yang dari awal gak mau si Cid deket-deket Joe maupun sebaliknya, akhirnya "kebobolan" juga dengan si Cid yang berhasil ngedeketin Joe Joseph pas si Sara lagi tidur. Nah, si Sara juga berhasil 'ngedeketin' Joe Joseph pas si Cid lagi tidur...........if you know what I mean (--,)
Akhirnya ketahuan lah kalo Cid ini bahaya. Pas ada anak buahnya Abe lagi "sidak" ke rumahnya Sara, ketahuanlah ada si Cid. Dan kemudian...........

MELEDAK ANJIS :)))

Kebayang gak sih kalian lagi sidak ke rumah orang terus tau-tau............your whole body meledak :))

Setelah ketahuan kalo Cid ini adalah Rainmaker, datenglah si Joe Bruce (setelah adegan tembak-tembakan yang kece sama Abe dkk) untuk membunuh Cid. Tapi gak mungkin dong udah mau abis filmnya ini gak ada adegan dramatis antara Joe Bruce sama Joe Joseph.. Mereka sepakat untuk si Joe Bruce ngebunuh Cid (karena Joe Joseph pastinya gak tega) dan Joe Joseph will fix it. Auk fix apaan. Saya juga udah lumayan bosen nontonnya karena filmnya udah kelamaan menurut saya. Akhirnya sempet kejar-kejaran antara Joe Bruce-Sara-Cid, ketembaklah Cid sama Joe Bruce di........pipi. LAH, NEMBAKNYA PAS NGANTUK UM BRUCE MAKANYA CUMAN KENA PIPI? :))

Alhasil si Cid ini marah dan as expected, barang-barang di sekitarnya melayang. Sayangnya adegannya terjadi di tengah ladang tebu, which is yang melayang cuman Sara, Joe Bruce, serta dedaunan kering dan butiran debu. Mungkin dari sinilah inspirasi lagunya Rumor yang aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. 
FOKUS, ANITA! FOKUS!!
*tabok diri sendiri pake batang tebu*

Somehow si Cid ini mirip Damien yang main di film Omen, ya..


Si Cid ini marah bukan main bukan buaian juga bukan remix, pas si Joe Bruce udah hampir meledak, si Sara berbisik dengan keibuannya..
"it's okay, baby.. It's okay.. Mommy loves you. Mommy loves you" yang kemudian emang dasar bocah, nangis terus ngerengek.. "Mom.. :("

Apakah setelah adegan itu film ini habis dan tamat dan berubah menjadi film bertemakan kasih ibu kepada beta? OHTENTUSAJATIDAK! Karena masih ada bocah yang bisa ngeledakin orang dengan kemampuannya yang harus dibinasakan, maka Joe Bruce pun pantang menyerah. Maka, Sara minta Cid untuk lari ke dalam ladang tebu dan menyelamatkan diri, sementara si Joe Bruce akan menghabisi Sara dulu kemudian Cid. Dan beginilah adegan berikutnya..















dan adegan berikutnya......................
DOR! 
Joe Joseph mati, bunuh diri.
*kemudian hening*
*hening sekali*
*sekali lagi hening*
*keesokan harinya*
WHAT.
THE. 
FUUUUUUUUUUUUUUCCCCCCCCCKKKK???!!!

SAYA UDAH MENCURAHKAN BANDWIDTH SAYA SEGENAP JIWA DAN RAGA CUMAN BUAT NONTON FILM YANG DURASINYA HAMPIR MIRIP FILM INDIA DAN UJUNG-UJUNGNYA DESE BUNUH DIRI???!!

Sampah. MANA SINI YANG BILANG KALO FILM INI BAGUS DI LUAR KONSEP JOSEPH GORDON-LEVITT YANG BIKIN KERINGETAN DAN PENGEN KERAMAS??! MANA SINI HAAAAAAAAHHH??!!
*mangkel*
*kesel*
*emosi*
*menangis meraung*

Baiklah, pemirsa. Karena postingan kali ini bentuknya review, maka saya harus objektif walaupun sebenernya gak bisa. Tapi kali ini saya harus professional. So, here we go. Ahem.

Sebenernya film ini bagus, cuman menurut saya kepanjangan durasinya. Maka dari itu untuk menyesuaikan dengan durasi filmnya, saya pun menulis review juga dengan durasi yang panjang dan agak muter-muter (itumah emang elonya aja gak bisa nulis, Anita). Dan buat orang-orang saya yang otaknya cetek namun mudah dibikin senang ini, pemilihan pola film yang lumayan mikir dan porsi Joseph Gordon-Levitt juga Um Bruce Willis sebagai pemeran utama memanglah pas. TAPI KENAPA ENDINGNYA BEGITU SIH YA TUHAAAAAAAANNN??!!
*masih menangis meraung, menyesali bandwidth yang terbuang habis*
Udah deh, segitu aja dulu review kali ini. Good night, lovelies. Selamat menjalani hari Senin bagi mereka yang mengimani bahwa rejeki datang setiap hari!

TURUNKAN HARGA BBM!
...paketan BBM maksudnya. #PaketGaulUnite