01 December 2011

Review Cupu: Samsung Galaxy Y

HALAW, EPRIBODEH!!
*hula-hula dance*
Jadi ceritanya, saya ada janji di Twitter untuk setia sehidup semati sama Daniel Craig membuat review product untuk Samsung Galaxy Y yang akhir-akhir ini menemani saya ngebanci di dunia maya, khususnya Twitter.
Jadi, postingan ini akan berupa review cupu dari seorang not-so-gadget freak yang kebetulan lagi ngelus-ngelus gadget kece.

And here we go.
Samsung Galaxy Young atau biasa disebut dengan Galaxy Y ini merupakan henpon keluaran Samsung (YA MENURUTLOOO?) terbaru. mari kita kupas (rambutaaaaan kali ah dikupas) satu persatu.

Ukuran.
Samsung Galaxy Y ini ukurannya keciiil banget. Ya nggak sekecil kelingking Aurel Hermansyah, sih.. Tapi pas lah di tangan. Buat kamu-kamu yang emang memiliki (telapak) tangan yang kecil, nggak usah khawatir tenggelam sama henponnya, karena emang Galaxy Y ini user-friendly.
Ini ukuran-ukurannya. Nggak, saya nggak ngukur pake meteran. Emang insting matematika saya aja kuat.
*kibas poni ke kanan*

Bukan, bukan tangannya Aurel Hermansyah. Lebih cakep malah.
*kibas poni ke kiri*

See? Dari ukurannya yang emang pas buat nempel di tangan dan gak bikin ribet, saya udah jatuh hati sama Galaxy Y ini. Dan satu lagi, harga barunya sungguh affordable (cuman around Rp 1,2 juta rupiah, bok!)

Daleman
Udah jatuh hati sama bentuknya yang nggak ngerepotin, ditambah lagi saya tau tentang OS-nya yang emang udah Android versi Gingerbread atau kalo pake angka, versi 2,3! UHWOW! Saya amazed sekaligus girang. Ya dengan harga semurah itu, kapan lagi kamu bisa dapetin gadget dengan OS versi baru? :D
Hal pertama yang saya utak-atik adalah: KAMERA! Saya pengen tau banget apa yang bisa dilakukan henfon baru ini dengan kamera yang "hanya" 2 MegaPixel. Ternyata, tidak mengecewakan. Mau liat hasilnya?

He eh, saya yang di tengah, kalo naksir tinggalin comment aja ya.
*jual murah*

Terus, walaupun kamera-nya nggak ada autofocus, tapi udah provide single shot dan geo-tagging. Jadi kalo kalian termasuk tipe pacar yang posesif, henpon ini sangat membantu untuk nge-track keberadaan pacar kalian. Curiga dikit, tinggal minta foto terus kirim lewat e-mail. Oh, push email di henpon ini juga juara banget speednya. Dibanding henpon Android yang pernah saya pake sebelumnya, Galaxy Y ini punya akurasi email yang bisa diandalkan, walaupun belum provide multiple email accounts. Tapi yaaa lumayan banget untuk henpon dengan harga seterjangkau ini :D 

Layarnya touch-screen, jelas. Tapi untuk yang nggak biasa pake touch screen, jangan takut jangan kuwatir, ini kentut bukan petir awalan setting untuk keyboardnya emang QWERTY. Sayapun rada manyun ketika harus membayangkan ngetik pake QWERTY di henpon sekecil ini, tapi terus saya otak-atik settings, dan kembali nyengir lebar, SETTINGAN KEYBOARD BISA DIGANTI, BOK! Saya seneng setengah mati, lompat ke kanan dan ke kiri, lari-lari keliling lapangan badminton yang deket rumah aja, kalo lapangan baseball yang di sebelah GBK jauh, saya harus naik Trans Jakarta dulu baru lari-larian. Kalo gitu mah judulnya bukan lari-larian, kan?
....
Oke, lanjut. Pokus pake P. Kalo pake F jadi Pokuf. 
*dilemparin tomat busuk*
Jadi intinya, tentang keyboard, saya pake tipe 3x4, nggak pake QWERTY :D

Galaxy Y ini juga punya berita bagus buat yang mobilitasnya tinggi. Selain ada built-in FM radio yang menjadi dewa penyelamat bagi mereka gampang ngerasa bosen di perjalanan, bisa dengerin radio sambil ngebanci di social media (yea, that's me). Network udah pasti 3G, ketahanan batere juga bikin saya amazed dan nyengir lebar. Seharian saya pake twitteran dan ngebanci di dunia maya, dan baterenya tahan sampe malem! Jadi nggak ada buat saya kata "ngecharge bolak balik" buat Galaxy Y ini. Very helpful :D
Sekali lagi buat yang mobilitasnya tinggi tapi buta arah kayak saya, ADA NAVIGATION HELPERNYA!!
Saya girang setengah mati setelah tau kalo ada dewa penyelamat yang akan mengangkat saya dari jurang kenistaan bolak balik dikibulin supir taxi yang dengan inisiatif tinggi membawa saya keliling Jakarta bahkan melewati jalan yang JAUH dari tempat tujuan saya. Hasilnya? Separuh gaji saya habis buat bayar taxi keliling Jakarta.
*menangis bombay*

Buat sekretaris-sekretaris selebor nan pelupa macam saya juga henpon ini sungguh menggugah selera. Calendar, Memo, Task Manager, Calculator, Voice Recorder (yea right, hail notulen rapat dengan perekam suara! #AnitaSekretarisTeladan2011), Quick Office dan News & Weather SANGAT membantu. Kalo bentuknya orang, mungkin Galaxy Y udah saya peluk-peluk, elus-elus, saya kasih makan Wagyu tiap hari.
*elus-elus perut*
*laper*

Hmmm... Apalagi, ya? Saya rasa segitu dulu, nanti kalo saya udah utak-atik lebih banyak lagi dan menemukan kalau henpon ini emang kece, saya akan post lagi.
SUMMARY:
Dengan harga semurah itu, Samsung Galaxy Y adalah henpon yang sangat recommended untuk dimiliki. Bentuk dan tampilan yang simple, daleman seri terbaru (iya, saya tau emang gak enak dibacanya, cuman daripada saya tulis "jeroan", daleman looks prettier....a bit) memungkinkan kita explore lebih banyak dan lebih membantu. Application yang di-support Google Map kayak navigasi dan geo-tagging juga banyak membantu untuk orang-orang yang mobilitasnya tinggi tapi buta arah. Kamera yang "hanya" 2 MP pun tidak mengecewakan karena bisa di-setting brightness maupun warnanya, juga sudah provide smile shot. Network  yang sudah pasti 3G dan batere yang tahan lama adalah paduan yang ciamik. No more ngecharge bolak-balik dalam sehari. Intinya, dalam satu kata, Samsung Galaxy Y ini menurut saya:
KECE!
:D

Anyway, Galaxy Y lagi mengadakan #WhyNot Challenge  yang berhadiah USB Android. Tema kali ini adalah "Gokil-gokilan bareng temen di tempat nongkrong". Buat yang suka ngopi-ngopi lucu sambil seru-seruan, bisa liat infonya di http://on.fb.me/uazxyK dan post fotonya di  http://on.fb.me/v8S3lU. Caranya gampang, seru-seruannya bisa bikin persahabatan kamu dan teman-temanmu makin akrab!

Well, segini aja dulu review cupu saya, nanti kalo henpon kece ini udah saya otak-atik lebih dalam lagi, saya akan post di sini juga. Smell ya later on the next post, people! Mwah!
*tebar-tebar ciyuman gratis di sekitaran tilcik*
*pembaca menjauh semua*