02 June 2013

Reviewnyah Toskah: Fast And Furious 6

WARNING: This one is gonna be a long post. So, please make sure that you have enough time to waste for reading this review. Enjoy! :)
---

ALOHA! Apa kabar duniaaaaa? Pastinya teteup asyik walaupun Kak Nunu mungkin sudah lupa kalau saya pernah berdiri dengan grogi di sampingnya ketika ikutan shooting Kring Kring Oh La La.

Kali ini, saya akan kembali menghadirkan review di rumah kesayangan saya si tilcik ini.
*"APUAAAAH? REVIEW??!!" kata penonton*
Iya sik. Ini blog isinya kalo gak curhatan ya review. Apalagi cobak. Tadinya saya mau isi pake resep masakan juga, cuma karena saya orangnya gak mau pamer kalo saya ini jago masak, jadi saya ya diem-diem aja gak mau sok-sokan gitu.. Lho iya, saya ini jago banget masak cuman rendah hati aja. Waktu itu pernah mau masak kentang goreng tau-tau dapurnya hampir kebakaran. Kurang jago apalagi cobak saya? Coba kalian bisa tanya Chef Juna dengan bibir minimalisnya itu, dia pasti gak pernah ngalamin hal kayak gitu. Cuma saya  yang bisa. CUMAN SAYA YANG BISA MEMBUAT BANGSA DAN NEGARA INI BANGGA DENGAN CARA SEPERTI ITU!!
*dideportasi dari Indonesia*

Kali ini, review film apakah yang kurang beruntung yang telah ditonton dan di-review oleh saya? Tanpa buang-buang waktu lebih lanjut, mari kita sambut kehadirannyaaaaaaaa................

pic source

FAST AND FURIOUS 6!!
*terlihat kembang api menyala-nyala dari kejauhan*
*juga bunyi riuh rendah yang bersusulan dari petasan jangwe*
*para pembaca menebar confetti yang terbuat dari bekas bungkus gorengan. Inovasi baru, confetti yang agak berminyak*



Terima kasih, terima kasih banyak atas sambutannya, para pembaca yang budiman dan budiwati. Loh, apa? Budiono? Siapa itu? Loh, wakil presiden? Emang kita punya ya? Yang mana sih mukanya? Ah, gak penting. Nanti fokus kalian terbelah gara-gara googling hal-hal gak jelas kayak gitu, saya ingin kalian tetap di postingan tilcik kali ini yang saya susun dengan segenap jiwa dan raga!
*tenggak Extra Joss segalon biar kuat nulisnya*

Well anyway let me tell you here that this post will contain a looooooooot of spoilers. So, yes, I love you too. Close this page before you regret it. Thank you.
(Translate-an: Kalo belon nonton saya saranin terus aja baca. Gak kok, saya gak ngebocorin endingnya yang ternyata Fast n Furious 6 ini merupakan prekuelnya Tokyo Drift. HAHAHAHAHA SOKORIN KENA SPOILER KAN MANGKANYE BELAJAR BAHASA ENGGRES!!)
*diarak keliling Padang Mahsyar*

Nah. Sekarang beneran kudu nulis review. Sampe mana saya nulis tadi? Oh, sampe tulisan non-sense. Jadi, saya nonton Fast & Furious 6 ini sendirian sambil makan pop corn asin-tapi-kecampur-manis-gara-gara-mbaknya-gak-selektif-milihin-popcorn-nya-kan-kualitasnya-jadi-menurun-tapi-saya-mau-protes-udah-males. Film ini dimulai dengan adegan kebut-kebutan antara Vin Diesel yang berperan sebagai Dom dan Paul Walker yang berperan sebagai Brian di Spanyol. Kebut-kebutannya pake mobil bagus banget gitu, PaPem alias ParaPembaca, jadi kece banget. Kalo di sini mah yang kebut-kebutan gitu paling banter angkot, jadi sekarang kalian ngerti kan kenapa film ini gak syuting di Indonesia? He euh, kalah pamor sama angkot ijo di Bogor.
*diseruduk angkot*

Dari Spanyol, pindahlah kita ke Moscow. Scene ini dibuka dengan adegan banyak orang dan mobil polisi banyak berkumpul. Kalo di Indonesia, mungkin scene seperti ini sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai demo di Bunderan HI. Tapi ini tentu saja tidak. Pasti telah terjadi sebuah insiden kejahatan dan insting saya tidak meleset. Saya lagi nebak-nebak kejahatan apakah yang dilakukan? Kemudian muncullah........

pic source
MASYA ALLAH BANG ITU BISEP APA URAT KEPALA PEGAWAI PAS-PASAN MACAM SAYA PAS TANGGAL TUA? KENCENG BENEUR!

Yes, people. The Rock yang berperan sebagai Hobbs, just in case kalian merupakan first timer dalam menonton serial dari film kebut-kebutan ini. Pertama kali Om The Rock muncul saya gak ngeh, cuman ngomong dalem hati karena nonton sendirian dan gak tau mau ngomong ke siapa "Buset, geda amat ni laki," tapi lama kelamaan saya liat alisnya bisa naek sebelah terus baru ngeh kalo itu The Rock. #DutaPemerhatiAlisNasional. Ternyata terjadi kekacauan di sana, sampe akhirnya si Om The Rock ini merasa butuh untuk menghubungi Dom dan meminta bantuan. Klise, sih. Kayak alesan kamu waktu bilang "Aku mau fokus belajar" buat mutusin aku waktu itu. Tauk belajar apaan. Debus, mungkin.

Kemudian film ini berpindah lokasi LAGI (dan masih tetap TIDAK di Indonesia), ada scene Vin Diesel dan Elsa Pataky yang berperan sebagai Elena, pacarnya si Vin, lagi bobok-bobok tapi gak pake baju karena mungkin kegerahan karena settingnya terdapat di sebuah kamar dengan kipas angin yang balingnya berputar ragu-ragu malu-malu gimana gitu yang saya yakini pihak produksi film ini tidak meng-konsiderasi untuk memakai kipas angin WADESTA: yang bisa dipasang di WAll, ditaruh di DEsk, ataupun dibiarkan berdiri tegak secara STAndard. Kalian bukan anak tahun 90-an kalau belum pernah liat iklannya di TV. Nih saya kasih gambar untuk me-recall memori kalian yang empot-empotan itu:

pic source
Masih gak inget juga? Ke laut aja lu pada.
*panasin jetski*

Kemudian si Kakang Vin bangkit dari tempat tidurnya, dan merenung sambil minum bir. YAKALI PAGI-PAGI BARU BANGUN UDAH MINUM BIR. Gak meledak tu perut, Kang? Kalo saya mah juga paling banter bangun tidur minum teh tawar anget, ini lagi pake minum bir. Saya rasa dese ikut debus. Gak lama abis nenggak bir pagi-pagi gitu, datenglah The Rock yang mau minta bantuan buat nangkepin si penjahatnya yang belakangan diketahui namanya Shaw. Kalo kalian berpikiran kalo penjahatnya ini suka banget nonton kartun tentang domba-domba jenius tapi yang empunya gak bisa ngomong, kita sehati. Hobbs nunjukkin fotonya Letty (nampaknya pacarnya si Dom ini) yang katanya udah metong a.k.a wafat, ternyata masih hidup dan sayangnya dia sekarang kerja sama si Shaw. Singkat kata, si Dom setuju untuk bantuin Hobbs dan mengumpulkan teman-temannya endebrai endebrei capcus ke London. Emang saya juga bingung kenapa film ini hobi amat pindah-pindah lokasi. Saya curiga film ini mengalami pembelokan tema dari film kebut-kebutan menjadi film..........travelling.
*digampar pake peta*

Anyway, di film ini entah kenapa saya suka sama alisnya Vin Diesel yang tipis. Bawaannya pingin sulam alis biar bentukannya kayak dese punya. Demikian sekilas info.

Dom dkk kumpul di markas kepolisian di London untuk interogasi anak buahnya Shaw yang ketangkep dan mengetahui di mana letak markas mereka. Kemudian mereka melakukan penyerangan endebrai endebrei etapi ternyata oh ternyata, si Shaw udah tau kalo markasnya bakal diserbu dan perhatiannya Polisi akan terfokus pada penyerangan ini, mangkanya pada saat yang sama, dia kerahkan anak buahnya untuk...........ngerampok Interpol.
DASAR PENJAHAT MAH AKAL BULUSNYA ADA AJAH.

Setelah sekian lama dari durasi film saya penasaran mukanya si Shaw ini kayak apa sik, tak lama kemudian terungkap sudah. Ternyata mungkin nama Shaw ini diambil bukan karena dia menyukai kartun domba Shaw.....n, the sheep, namun mungkin karena memang itu nama aslinya, dari nama panjang yang sebenarnya adalah..........
MA-SHAWLOHGANTENGBANGETGUSTIIII.

pic source
Shaw ini gantengnya labil, PaPem sekalian. Ntar lah dia mirip Orlando Bloom, bentar lagi dia mirip David Beckham. Tapi tetep aje yang namanye penjahat harus kita singkirkan dari dunia persilatan. Setuju?

Saw kabur dan menghancurkan markasnya sendiri kemudian nyusulin anak-anak buahnya yang lagi hore-hore ngerampokin Interpol. Dan disinilah kemunculan arteis Indonesia kita yang bikin bangga.....
*drum rolls*

pic source
JOE TASLIM! MAAAAAAAAAAKKKK!!
*belepetan iler*

Setelah melihat aktingnya di The Raid yang saya buat reviewnya dengan profesional dan spectacularly ciamik di sini, kali ini entah kenapa saya merasa dia lebih matang dan pol-polan aktingnya. Performanya juga makin kece. Di awal-awal kemunculannya dimana timnya Dom sama timnya MaSHAWlohgantengnyamak kejar-kejaran, ada si Joe yang berperan sebagai Jah (iya saya paham, kalian mau ngelucu dengan bilang, "Mungkin nama panjangnya Ijah", kan? BASI!) memakai Bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia! Berkut cuplikan videonya yang bukan cuplikannya.


Sekarang kalian ngerti kan kenapa saya bilang video di atas itu merupakan cuplikan video yang bukan cuplikan? Iye, karena emang cuman segitu doang ngemengnya. Udahlah translation-nya salah, tapi yaudahlahya, siapalah Anita yang menulis review asal-asalan ini dibanding Joe Taslim yang berkarir di dunia perfilman Hollywood..
*ngepel red carpet*

Dimulai dari sini, kejar-kejaran terus terjadi. Ada lah segala mereka kejar-kejaran di stasiun dan pake adegan berantemnya pula. Pada adegan kejar-kejaran ini saya baru ngerti kenapa pihak produser film ini gak syuting di Indonesia. Lha kalo ada kejar-kejaran di stasiun sini, Sudirman misalnya. Kan itu penuh beneur! Apalagi pas office hour. Bisa cepet ketangkep. Atau mungkin ditawarin gorengan ataupun cangcimen kacang kuwaci permen akuwa mijon.Yakali.
Anyway, saya baru ngeh kalo Ludacris juga main di film ini ya. Saya bawaannya pingin nyemangatin sambil nyanyiin "Yeah!", deh. Apa? Itu lagunya Usher? Ya kan featuring Ludacris, kan? Jadi sama aja lah.
OKE SAMPE MANA KITA TADI KENAPA INI POSTINGAN JADINYA PANJANG BENEUR.
Sabar, ya, PaPemYaBudmanDanBudwat a.k.a Para Pembaca Yang Budiman Dan Budiwati. Saya aja ini nyiapin draftnya butuh waktu dua belas juta tahun cahaya.

Kejar-kejarannya juga banyak banget, pake mobilnya ngebut-ngebut juga (YA MENURUT NGANA?!) tapi this movie brings kejar-kejaran to a whole new level jadi kejar-kejaran pake...........tank.
SARAPOVA a.k.a SARAP. Saya bisa ngebayangin gitu ya kalo saya lagi enak-enak nyetir mobil tau-taunya di belakang saya ada tank yang siap ngebidik orang. Yakali, brooo. Sudah saatnya kali ini kita bilang........

pic source
Yang nyetir si tank-nya ini Joe Taslim. Saya baru tau dia bisa nyetir tank. Mungkin kita perlu cek apa jangan-jangan dia punya SIM B atau bisa nyetir truk atau bus AKAP. Antar Kota Antar Propinsi, maknyak!
*dilindes bus*

Kejar-kejaran pake tank yang ternyata dibajak dari pasukan militer di Russia. Si Shaw dan dedengkotnya ini ternyata mau nyolong chip komputer. Cerita standard sih dimana si Hobbs dkk nyusul ke pangkalan militer yang mau diserbu Shaw terus si Hobbs ngajak jenderal militer Rusianya itu untuk kerja sama. Anyway, nama Jenderalnya ini Roefl, loh. Saya yakin dulu waktu lagi hamil, emaknya sering ceting terus ketawa-tawa gitu. LOL. ROEFL. WKWKWKWK. XIXIXIXI.
*disambit buntelan nuklir*
Ya tapi pada akhirnya setelah kita pikir si Shaw kalah dan mati, ETERNYATA DESE NONGOL LAGI.Anjis saya rasa dia turunan kucing kali nyawanya banyak beneur, pake segala nyandera istrinya si Brian pula. Jadi mau gak mau si chip Rusia itu dikasihin ke Shaw terus dia pergi. Saya juga gak tau ini chip apaan, yang pasti bukan chip poker di Facebook.
*diserbu spam online shop diskon hape blekberi dengan harga gak masuk akal murah*
Anyway, di sini ada adegan yang bikin saya-yang-nonton-sendirian-aja-kesel-apalagi-yang-berdua-sama-pacarnya-bisa-digebukin-gara-gara-saking-sebelnya-kali-ya, yaitu disaat chip-yang-bukan-chip-poker-di-facebook dikasihiin ke Shaw, terus dia ngomong,
"Comin', Babe?" saya pikir dia ngajak si Letty yang ternyata hilang ingatan (anjis, sinetron beneur. Nikita Willy pasti tercoreng harga dirinya karena peran yang biasa dia mainkan -- hilang ingatan dimainkan oleh aktris lain) ETERNYATA YANG NYUSUL SI RILEY, ANTEK-ANTEKNYA HOBBS. Pengkhianat! Perempuan laknat! Jalang! Gak tau diri! Kan saya sampe pas nulis postingan yang tertunda selama seminggu ini masih kebawa keselnya. Jadi terungkap sudah ya kalo si Riley -- cewek yang mau biar kata montok kayak gimana juga tetep aja berdusta berkhianat ini yang ngebantu si Shaw dalam menjalankan aksi-aksinya.

Dan dimulailah kejar-kejaran lagi antara Dom dan Shaw dkk. Yaelah pegel beneur saya ngikutinnya. Di sini mulai bosan tapi tetap entertained karena adegan action-nya bagus-bagus. Si Shaw ternyata udah nyiapin pesawat buat kabur, tapi tentu saja dihadang oleh Dom dkk, namanye juga jagoan, ya gak, Bang Vin? *ikrib*
Di bagian berantem di dalem pesawat ini juga ada bagian di mana Hobbs yang notabene diperankan oleh The Rock, berantem sama Klaus, anak buahnya Shaw yang bentukannya begini:

pic source

Yang kalo disatuin berdua, kira-kira bakal kayak gini:


Pic Source

YANG DIMANA PAS ADEGAN MEREKA BERANTEM, BAPAK IBU SEKALIAN BISA DIBAYANGKAN SENDIRI. SAYA MAH BERASA NONTON WWF SMACK DOWN PAS LIATNYA :)))

Berantem-berantemannya standard, ada di dalem pesawat, di luar pesawat yang berantem antar mobil, tapi saya sedih di sini soalnya si Gisele, pacarnya Han, metong a.k.a wafat karena mau nolongin Han. Saya mewek aja gitu di sini. Entah karena saya bisa ngerasain gimana emosionalnya hal-hal kayak gini, atau karena saya udah gak tahan lagi karena kebelet pipis. Besok-besok kalo nonton sendiri begini pake pampers aja deh saya. 
*menangis prihatin terhadap diri sendiri*
Etapi ada 1 adegan lagi yang bikin saya bengong:

pic source
PESAWAT YANG DIDEREK MOBIL :))

Saya juga gak paham apa motivasinya Dom dkk ini nderek pesawat pake mobil, tapi kalo saya ada di situ mah saya bakalan.....foto kejadiannya terus post fotonya ke Twitter, Facebook, Instagram, Path, Friendster, Temanster, Hi-5, LiveConnector, pokoknya ke semuanya deh!
*Anita anak socmed hingga titik darah penghabisan*
*ngaku-ngaku*
Dan dengan adegan didereknya pesawat pake mobil ini, maka berakhirlah kejar-kejarannya. Shaw dan anak buahnya kelar semua, Dom dkk menang, dunia kembali damai. Tapi tetep aja saya sedih pas si Han nangis karena si Gisele wafat. Ah, Han.. *puk puk Han* *peluk juga* *dilindes mobil pake NOS*

Overall film ini KEREN BANGET menurut saya. Mobil-mobil kece, adegan-adegan action yang kalo saya ikutan di situ mungkin dua detik terakhir leher saya udah kecengklak, visual effect dan music scoring-nya juga mantap pun. Tapi ya buat saya film ini durasinya kelamaan dan kebanyakan layer, sih. Kayak, gak abis-abis aja gitu. Ada adegan di mana saya pikir semuanya udah kelar, eh ada lagi lanjutannya. Jadi agak mikir aja nontonnya. Oh, itu buat saya sih yang otaknya cetek.
*upgrade kapasitas otak di Mangga Dua*
Kebanggaan saya terhadap Joe Taslim pun sudah ter-upgrade. Kalo dulu saya tulis di review The Raid aktingnya jelek dan ngomongnya belepotan, kali ini dia ngomongnya gak belepotan, KARENA DI FILM INI DESE JARANG NGOMONG JUGA SERINGNYA TAWURAN :))
Overall, buat saya film ini 7,5 out of 10. Minus 1,5 buat durasinya yang kelamaan, minus 1 lagi karena si Gisele pacarnya Han mati. 
*tetep gak rela*
OH TENTU SAJA KEHADIRAN AYANG JASON STATHAM DI AKHIR FILM MEMBUAT SAYA TERSIPU MALU MATA BERBINAR-BINAR JANTUNG BERDEGUP KENCANG. Saya juga gak ngerti fungsinya dia di situ buat apa, mungkin produsernya tau saya bakal kesel kalo si Gisele dibuat meninggal, makanya buat ngehibur saya dia menghadirkan A'a Jason di situ. Ah, kamu emang bisa aja deh, Om Justin Lin..
*elus-elus poster Harry Potter*
Apa? Gak nyambung? Ya abisnya gimana, tadinya mau ngelus-ngelus poster Fast and Furious 6 tapi saya gak punya, jadi elus-elus yang ada aja..
*masih tersipu malu*

Udah ah, reviewnya. Saya mau tidur dulu, kalo jam tidur saya kurang nanti kecantikan alami saya menurun levelnya, pemirsa sekalian.. Terima kasih sudah membaca postingan ini, mohon maaf kalau terdapat kekacauan dalam penulisan alur dan tata bahasa. Saya belom sempet ngebakar buku KBBI terus abunya diminum. Sampai bertemu di #ReviewnyahToskah berikutnya, Auf Widersehen!
*bagi-bagi nasi kotak*