01 April 2012

#ReviewnyahToskah: The Raid


picture source
Ini nampaknya tulisan perdana saya tentang review film. Kalo sebelum-sebelumnya tulisan saya isinya puisi-puisi romantis sampah, sekarang saya mau naik level. Ibarat kata pokemon, saya mau transformasi dari telornya squirtle ke.....telornya squirtle yang hampir menetas. Ya, emang sedikit banget. Tapi kan pepatahnya "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit", sebagai aktivis go green yang save water dengan jarang mandi, saya menulis review ini.
...
Nggak nyambung. Mari kita lanjut.

The Raid. Awal judulnya "Serbuan Maut", kan ya? Sebenernya sih lebih milih kalo film ini tetep dikasih judul pake bahasa Indonesia, cuma daripada judulnya diganti jadi "The Haid", maka mending saya diem aja. 
*dikeplakin pembaca. Komentarlo juga nggak ngaruh apa-apa, Nyet*
Saya sempat terpukau melihat opening film ini dengan adegan Iko Uwais yang lagi sit-up. Perutnya yang six-pack dan badannya yang agak oily bikin saya pingin bawain handuk terus ngelapin keringat di perutnya, terus motong bawang di atas perutnya. Itu perut apa talenan kenceng bener? Lalu saya teringat tujuan awal saya pengen ngeliat Donny Alamsyah, saya langsung istighfar dan kembali menonton dengan wajar. 
Di film ini, Iko Uwais berperan sebagai Rama. Di film ini dia diceritakan punya istri, yang saya imani namanya Shinta. Nah, di film ini istrinya diceritakan sedang hamil, yang juga saya imani anaknya kembar, nanti kalo udah lahir dikasih nama Lawa dan Kusa. Sebentar, ini film laga apa film wayang?
*dikeplakin pembaca lagi karena nulisnya nggak fokus*
Sampai sini, film ini terlihat oke dan flawless.

Next.
Adegan berikutnya, tentang Rama dan pasukan yang berangkat ke tempat penyergapan. Hal pertama yang jadi fokus saya bukan Joe Taslim yang ganteng ataupun kenapa tiba-tiba ada pemain sketsa di Trans TV yang berperan sebagai polisi senior di situ, tapi ke mobilnya. Itu truk pasukan apa limousin? Empuk bener keliatannya. Saya sih kalo jadi pasukannya nggak mau maju, maunya bobok-bobok manja aja sama Donny Alamsyah di dalem situ..
*sadar, mulai ngawur lagi nulisnya*
*benerin daster*
Sebenernya high-light di adegan ini adalah Joe Taslim yang berperan sebagai sersan. Beberapa penonton di samping saya pada narik napas ketika Joe Taslim disorot. Entah saking terkesimanya atau asma mereka mendadak kumat. Tapi yang jelas, Joe Taslim terlihat tidak terlalu ganteng buat saya. Bukan karena saya setia sama Donny Alamsyah, tapi karena.......
NGOMONGNYA BELEPOTAN.
Aslik, pemirsah! Saya nggak tau dese pernah ikut reading dialog apa enggak sebelom syuting film ini dimulai, tapi apapun yang saya dengar dari mulut dia, nggak pernah jelas. Sumfeh.

Lalu tibalah mereka di lokasi penyergapan. Adegan mengendap-endap untuk kemudian menyerbu cukup bikin deg-degan. Itu soalnya kan gedung tua yang (ceritanya) berfungsi sebagai apartemen. Dan ngebayangin di gedung segede gitu isinya penjahat semua dengan pasukan kecil yang jumlahnya sedikit ini, bikin ekspektasi saya meninggi dan adrenalin meningkat. Tsah, asik ya bahasanya, ya?
*kibas poni*
*kecolok, udah agak panjang soalnya belom sempet potong*
Awal menyelinap masuk berjalan lancar, ada beberapa adegan laga yang dari awal aja udah oke, tapi nggak intens. Sampai akhirnya ketahuan dan mulailah kita dengan adegan laga yang buset-banyak-bener-sampe-saya-mikir-itu-orang-kenapa-nggak-capek-capek-berantem-melulu. Dari yang pake senapan, golok, sampe tangan kosong. Sebenernya memang saya yakin yang ditonjolin ini adalah adegan laga dengan tangan kosong yang jadi andalannya Iko Uwais. Ya iyalah, kalo nggak ngapain dia disitu? Mending bobok-bobok manis aja sini sama saya, tinggalin Jane Shalimar. Toh saya lebih muda dan kenceng.
*benerin susuk di idung*

Lalu kemudian, muncullah Donny Alamsyah.
*backsound JENGJENGTERENGTENGTENGDAMDARADAMDARADAM mengalun*
DESE SUBHANAULOH BANGET, BOK!!
Aslik, saya sampe narik napas. Untung nggak kelepasan kentut. Akhirnya saya mengerti apa yang dirasakan para abege yang narik napas ketika Iko Uwais nongol di awal film. Mari kita berpelukan, teman-teman..
*hapus air mata haru*
Cerita kembali berjalan, Donny Alamsyah di film ini jadi temennya Mad Dog. Kenapa Mad Dog? Karena kalo Maddi Jane itu penyanyi YouTube favorit saya. Subscribe, deh. Anak itu bagus nyanyinya. 
...
Iya, iya, lanjut.
Ada adegan Donny Alamsyah dialog sama Iko Uwais, dan itu bikin saya pengen ngakak di bioskop. IKO UWAIS NGEMENGNYA BELEPOTAN BANGET! Kebanting jauh sama Donny Alamsyah.  Nih ya contohnya, ya..
Donny: "Gue nggak bisa balik lagi"
Iko: "Tapwerkj Bapwerfkjiwe" (terjemahan: Tapi Bapak pengen lo balik lagi!")
Donny: "Lo pikir kalo gue balik lagi semuanya bakal baik-baik aja?"
Iko: "Inlkjwerio awerifjwe jkwerf" (terjemahan: Ini jalan nggak bener!")
Saya: "Dafuq did I just watch?"

Gitudeh. Rata-rata, eh, nggak deh. SEMUA dialog di film ini belepotannya pol. Saya akan berterima kasih banget kalo di film ini dikasih subtitle. Pake bahasa enggres juga gapapa, asal jangan bahasa tagalog aja. Asli, pemirsah. Genggesnya setara dengan tingkat ke-awesome-an saya. Pol-polan!
*dijambakin pembaca*

Tapi tak terelakkan, adegan laga di film ini nggak bisa dibilang nggak keren. Kalopun ada yang bilang nggak keren, pasti dia ketiduran pas adegan laganya mulai terus kebangun pas adegan mereka lagi berdialog belepotan. Plot ceritanya standard dan klasik, tapi menurut saya itu ketutup sama adegan laga yang agresif dan intens. Kayak nggak kelar-kelar gitu berantemnya. Berantem tembak-tembakan, peluru abis, ganti pisau. Pisau ketendang, ilang, pake gas LPG. Gas LPG meledak, pake golok rampasan. Golok rampasan mendadak nggak dipake lagi (mungkin Iko Uwais berasa tukang kelapa bawa-bawa golok), dese berantem pake tangan kosong. BUSET INI ORANG MAKAN APAAN BERANTEM MELULU?
Tapi justru itu film ini dibuat, Anita. Please, you can't be this dumb in front of your readers.
*ngomong sama diri sendiri sambil ngunyah sirih*
Akting Ray Sahetapy di film ini juga kece. Dese jadi bosnya para penjahat. Akting jadi bos penjahatnya emang juara. Tapi ya namanya penonton, saya ngarepnya dia ada adegan berantemnya walaupun seiprit, gitu. Eh adanya adegan dia nembakin kepala orang sama nusuk tangan pacar saya tepat di tengah-tengah telapak tangan pake pisau. Lumayan bikin ngilu, tapi tetep aja kurang greget. Mungkin akan lebih kece kalo bos penjahatnya pake Barry Prima, gitu. Apa? Cliff Sangra? What are you? Suzanna's fans? He can't do anything but whining, you dumb! Ah, akhirnya ada yang membuktikan kalau saya sedikit lebih pintar..
*elus dada*
*dada Donny Alamsyah*

Oh iya, ada satu lagi yang namanya Yayan Ruhian. Dia jadi Mad Dog, tangan kanan bos penjahat selain Donny Alamsyah. Saya pikir awalnya ada Mandra ikut main di flim ini, ternyata............
ANJIS ITU ORANG BERANTEMNYA JAGO BENER! Dengan postur tubuh yang nggak tinggi tapi kekar, orang ini berantem nggak pake istirahat dulu, narik napas dikit pun enggak kayaknya, apalagi duduk-duduk sambil makan nasi uduk buat ngisi tenaga. Dia spesialisasi berantem pake tangan kosong. Pertama ada adegan dia berantem sama Joe Taslim yang menurut saya itu cuman kayak perjuangan mau mandiin kucing, awalnya doang rada berat dan lecet-lecet dikit kena cakaran dan akhirnya kita menang juga bisa mandiin kucingnya. Same thing happens to him. Sempet berantem dan nerima perlawanan dari Joe Taslim, tapi akhirnya menang juga. Ada juga adegan dia berantem 2 lawan 1 sama Iko-Donny yang membuat saya mikir dia minum Milo tiap pagi dan membuat wajahnya (menurut saya) bertransformasi dari Mandra menjadi.......Limbad.
*disantet*

Menurut saya lagi, The Raid ini salah satu film Indonesia yang bikin bangga. Skill berantemnya Iko Uwais udah nggak kita ragukan lagi secara dese udah mencak silat dari kecil. Donny Alamsyah my darling juga nggak usah kita pertanyakan lagi skill akting dan walaupun adegan berantemnya nggak se-intens Iko Uwais, dese memunculkan karakter yang menonjol. Yayan Ruhian juga bikin mangap tiap liat dia berantem. Oh, one thing. Bahkan dialognya lebih jelas dan nggak belepotan kayak Iko Uwais. About Joe Taslim? Bitch, please. Saya bingung kenapa banyak yang bilang aktingnya bagus. Menurut saya, aktingnya dia kaku, ngomongnya juga belepotan. JAUH lebih belepotan dari Iko Uwais. Saya juga nggak ngerti fungsinya dia di film ini. Jadi kayak fungsinya Zumi Zola di film Merah Putih. Ganteng, tapi nggak ada gunanya. Cuma buat naikin rating, mungkin.
*digebukin fansnya Joe Taslim*
*dibuang ke Aceh*
*bertani Ganja*

Well overall, film ini bagus dan emang patut banget naikin puncak box office. Kalo saya mah cukup puncak asmara aja. DI PUNCAK, ASMARAAAA~
*seret Donny Alamsyah*
*dilelepin di Selat Sunda*
Film in jelas high recommended. Buat yang belom nonton, buruan tonton. Tapi ingat, jangan bawa anak kecil ya.. Selain ganggu karena anak kecil kalo dikasih liat film berantem dan darah dimana-mana pasti berisik jadi bikin kita nonton nggak fokus, adegan kekerasan di film ini bukanlah untuk dipertontonkan ke mereka kalo kalian mau anak kalian mentalnya bukan mental tukang berantem nanti :)

Saya rasa sudah cukup review-nya. I gave 8 of 10 for this movie. -1 untuk dialognya yang belepotan, -1 untuk endingnya yang menurut saya kurang greget. Now, am off to bed. Saya mau bobok-bobok manis sama Donny Alamsyah. Good night, people! :D