02 June 2014

#ReviewnyahToskah: MAMA

Jadi, saya habis nonton film horror ini:

Click the pic for source
Hyak, benar adanya. Si Anita anak cemen yang takut sama gelap ini abis nonton MAMA. Kalau kalian berpikir kalau film ini merupakan bentuk horror dari  Hachi anak yang sebatang kara pergi mencari ibuknya, tentu saja kalian kurang cerdas namun tetap lebih cerdas dari saya. Film ini malah kebalikannya dari Hachi, ini malah tentang emak yang muter-muter nyari anaknya. Kalian pengen tau kelanjutannya?
*pembaca jawab, "Enggaaaakk!"*
Ini dia review saya tentang film MAMA.
*tentu saja saya menghiraukan yang gak mau baca*
Film ini memiliki background pas Amerika lagi krismon tahun 2008 kemarin. Seorang bapak-bapak yang masih muda dan ganteng bernama Jeffrey (tentu saja nama belakangnya bukan Waworuntu) membunuh partner bisnis dan istrinya yang tentu saja namanya bukan Ruth. Dia kemudian membawa dua anak perempuannya yang masih kecil-kecil: Victoria (yang tentu saja tidak bernama belakang Secret) dan Lily (yang tidak bermata hijau dan tentu saja nama belakangnya bukan Potter) ke hutan belantara, tipikal film horror bener ya mak dibawa ke hutan-hutan gitu. Karena terpeleset salju di tebing, akhirnya mobil yang dikendarai Jeffrey si bapak ganteng ini tergelincir ke bawah. Apa mereka diceritakan meninggal dalam kecelakaan tunggal kemudian filmnya habis dan sosok Mama hanyalah fiktif belaka buat nakut-nakutin doang? KALIAN BERKHAYAL. Tentu saja mereka selamat, dan Papa Jeff membawa Vicky dan Lil (ih akrab banget ya saya sama mereka ya) ke sebuah rumah yang berdiri sendirian di dalam hutan. Niatnya mau ngebunuh kedua anak perempuannya terus dia bunuh diri pake pistol YANG TENTU SAJA PISTOL API BUKAN PISTOL AIR OH MAI GOAT, ternyata ada sosok bayang-bayang masa lalu hitam yang membunuh Papa Jeff dengan...matahin lehernya.
...
Sebentar, maksud saya adalah......DI ANTARA SEMUA KEMUNGKINAN SETAN NGEBUNUH, KENAPA INI SETAN EMAK-EMAK MILIH BUAT MATAHIN LEHER??! KALAH SAMA DEMENTOR YANG MUKENYE KAGAK KELIATAN TAPI BISA NYEDOT JIWA. INI UDAH MUKA JELEK DITUNJUK-TUNJUKKIN, GAK KOMPETEN PULAK!
*menghela nafas pasrah*
*memandang kosong ke arah jendela*

Namun karena si Victoria ini nampaknya hipster (terindikasi dari bentuk kacamatanya yang model cat-eyes) dan gak bisa ngeliat jelas tanpa kacamatanya, jadilah dia nggak ngeliat bapaknya ilang kemana dan dibunuh siapa.
TAMAT.
...
BOONG DEEEEEENG~
*ditempeleng wajan*

Saya sempat kecewa ketika Papa Jeff yang bikin ileran harus berakhir perannya di situ. Tapi harapan saya muncul kembali ketika saya melihat sosok Lucas (yang diperankan Nikolaj Coster-Waldau) yang merupakan om dari Vic dan Lil (makin kemari makin pendek aja itu nickname-nya, Mak. Makin akrab?) yang mencari dua orang keponakannya itu.
Kemudian......
BANJIR ILER YANG SAMA KEMBALI TERJADI, PEMIRSAH!
*sediain kain pel sama keset*
Kenapa eh kenapa? Karena eh karena, tentu saja Lucas dan  Jeffrey diperankan oleh orang yang sama karena ceritanya mereka merupakan kembar identik!
*tebar-tebar confetti*
*selametan*
*potong tumpeng*
Nah. Kemudian saya lanjut nonton film ini (sambil ngunyah tumpeng barusan, pastinya) dan melihat adegan di mana V dan L (UDAH MBAK MANGGILNYA VIC SAMA LIL AJA MBAK GAK USAH MAKIN KEMARI MAKIN PENDEK NAMA PANGGILANNYA MBAK ANITAAAAH!) ditemukan di hutan 5 tahun kemudian. Lucas sama pacarnya yang namanya Annabel kemudian mendapatkan hak asuh atas Vic dan Lil setelah berjuang di pengadilan melawan tante dari pihak emaknya, Aunt Jean.
Sebentar.
Saya kayaknya pernah liat muka-mukanya Aunt Jean ini deh.
Di film Insidious.
...
KOK SAMA?
Apa jangan-jangan hantu Mama sama The Further di Insidious ada hubungan sodara, minimal satu marga, gitu?
*digentayangin*

Ya intinya Bang Lucas sama seuz Anna dapet hak asuh atas Vic sama Lil, dan pindahlah mereka ke sebuah rumah yang cakepan dikit dari apartemen mereka sebelumnya. Kalian pasti tau dong Vic sama Lil ditemukan di sebuah rumah di hutan?
Gimana mereka bisa bertahan hidup selama 5 tahun? Apakah mereka ngelalap daun pinus sehingga mereka bisa bertahan hidup? Tidak. Kemudian, siapa yang  ngasih mereka makan?
YA MAMA LAAAAAH! KALO NYANG KASIH MAKAN TETANGGA SEBELAH JUDUL FILM INI JADINYA "TETANGGA SEBELAH" BUKAN "MAMA", JONIIIIHHHH!
*dikeplak @jonathanend karena bawa-bawa dia*
Nah. Apakah kalian berpikir kalau setelah Vic sama Lil diboyong pindah sama Omnya, Mama akan melepas kepergian mereka dengan ikhlas?
TENTU SAJA TIDAAAAAAK!
Lalu, kalau Vic dan  Lil pindah rumah sama Om Lucas yang merupakan tipe laki-laki ideal saya untuk menjadi imam dalam rumah tangga, kemanakah setan rambut panjang ini pergi?
TENTU SAJA IKUUUUUUUUUT!
*penonton berbisik gundah, "Si Anita ini tolol, ya. Kalo si Mama kagak ngikut mah ini jadinya bukan film horror tapi talkshow drama judulnya "Tali kasih" di mana akan ada adegan Mama nangis-nangis di TV sambil di-puk-puk sama Dian Nitami*

Saya sempet nebak kalau adegan setelah mereka pindah rumah akan kayak tipikal film horror Hollywood lainnya: kesurupan, suara-suara aneh, datengin pemuka agama buat didoain. Tapi ternyata film ini lain. Dia kagak pake ada yang kesurupan. Puji syukur alhamdulillah. Tapi apakah itu tandanya kehidupan mereka senantiasa damai sentosa? JANGAN BERHARAP, PEMIRSA. Tetap ada penampakan-penampakan dan adegan pencipta goosebumps lainnya, namun ini masih manusiawi. Yang saya suka dari film ini adalah walaupun ini pelem setan, tapi bukan berarti tim kreatif menempatkan penampakan emak-emak setan ini sembarangan. Biar kata setan juga dia tetap elegan. Ahzeeek.
*sisirin rambut Mama*
*nggak jadi. Takut*

Namun plot story yang 'film-setan-Hollywood-banget' adalah, terdapat sejarahnya. Dikasihtaulah kalo ternyata Mama ini adalah pasien rumah sakit jiwa yang melahirkan seorang anak Ya kalau melahirkan seekor sapi mungkin judul film ini sudah berubah menjadi Ma-moooow~ okay, Anita. You failed. Nah, si Mama yang ternyata bernama Edith ini anaknya kan ceritanya diambil dan dirawat sama suster-suster gereja di situ, terus dia marah dan ngerebut anaknya. Seperti biasa, terjadilah kejar-kejaran antara Edith dan warga setempat. YAIYALAH KEJAR-KEJARAN PEGIMANA CARA ADA ORANG GILA KABUR BAWA-BAWA BAYIK? Sampai akhirnya si Mama Edith ini memutuskan untuk lompat dari tebing sambil bawa anaknya. Biar kesannya sehidup semati gitu kan sama anaknya. Ternyata eh ternyata, pas dia terjun dari tebing.....
Kain bedong anaknya nyangkut di pohon, si Mama Edith isdet a.k.a wafat kelelep di dasar sungai gitu kan, ya. Apakah dia dapat beristirahat selama-lamanya dengan tenang dan arwah Mama Edith diterima di sisiNya? Tentu saja itu khayalan belaka. Karena kata guru ngaji saya, orang yang bunuh diri tidak akan diridhoi oleh Allah SWT. Mungkin begitu juga yang terjadi pada Edith. Udahlah dia bunuh diri, dosa, nggak sama anaknya juga. Mangkanye jadi syaitonnirojim :))

Setan Mama Edith kemudian mencari-cari anaknya yang hilang muterin desa. PADAHAL NIH YE, MA, KALO ELU NENGOK KE ATAS DIKIIIIIT AJE, KETEMU DAH NOH ANAKLU. Ngapain buang-buang waktu gentayangan sana sini buang-buang waktu?
Ya intinya sih film ini kalo di negara tercinta kita tanah air Indonesia jenisnya si Mama Edith udah masuk ke dalam kategori kuntilanak. YA APELAGI NAMANYE PEREMPUAN GENTAYANGAN NYARIIN ANAKNYE KALO KAGAK KUNTILANAK?? Gue capek-capek deg-degan ternyata gue cuman nonton film kuntilanak internasional. Kelar.
Dan emang film ini rada dangdut sih kalo menurut saya. Si Annabel yang tadinya gak demen jadi sayang sama itu bocah kakak beradek. Tapi sedih banget kalo akhirnya si Lil lebih memilih dibawa sama Mama dan wafat begitu saja. Tapi yang saya seneng dari film ini, si Lily meninggalnya jadi kupu-kupu. Ya bagus aja gitu kan bentukannya, nggak kudu capek-capekin hati ngeliat jasad anak kecil gitu kan ya. Perasaan saya kan halus layaknya Bidadari. Nggak heran lah kalo bentukan saya 11-12 sama Marini Zumarnis..
*ditiban sayap-sayapan*

Saya suka sih sama film ini. Sempet browsing juga kalo yang meranin Mama Edith si setan emak-emak ini ternyata seorang aktor bernama Javier Botet. Bukan, dia bukan orang Batak. Visual effect-nya juga bagus, dan gerak gerik kuntilanak internasional ini bukanlah visual effect, tapi gestur tubuh om Javier yang ditempelin sama alat apa gitu, kurang lebih kayak Gollum di The Lord of The Rings, lah. Kece, ya? KECEEE~
Tapi kalo disuruh nonton film ini sekali lagi, saya ogah. YA KAN SAYA ANAKNYA CEMEN BENER APALAGI PERKARA FILM SETAN-SETANAN BEGINI. KAGAAAAAAAAKK!!
*menangis di bawah kolong Patas*
Ya kurang lebih begitulah tulisan pembuka saya untuk menandakan kembalinya saya berkiprah di postingan #ReviewnyahToskah kali ini. Sekarang saya mau beberes pulang dulu. APAH? KALIAN MASIH HARUS KERJA? HAHAHAHAHA KASIAAAANNN!!
*lampu dimatin sama satpam*
*pingsan*
Auf widersehen, people!