21 June 2013

Elle D, a life-lesson story. #XLBBQ10

Halaw!
Ceritanya saya lagi sedih nih, ibu-bapak-kakak-adik serta handai taulan sekalian..
*para pembaca tertawa bahagia*
Heh! Pada seneng banget sik kalo saya sedih. Saya beneran lagi sedih nih. Mau tau gak ceritanya? Mau dong ya? Udah lah mau aja lekas jawab. Nanti saya bikinin jus alpuket deh.
Mau? Oke ya.

Jadi begini ceritanya,
2 minggu yang lalu, pada suatu senja di hari Minggu yang mendung-mendung sendu, di mana burung-burung berkicauan di timeline (baca: anak Twitter) dan anak gadis macam saya sedang menyeruput manisnya teh tarik dan bercengkrama dengan beberapa teman baik...........APA? KELAMAAN INTRONYA? KOK KALIAN GITU SIH SAMA SAYA??!!
*menangis tersedu*
Baiklah kalo kalian mau saya langsung aja menuju intinya. Jadi, 2 minggu yang lalu itu, SAYA BARU AJA KEHILANGAN ELLE D.
*menangis meraung*
Apa? Kalian gak tau Elle D itu siapa? Cih, norak banget sih. Ketahuan banget kalian bukan pembaca setia saya yang senantiasa mengikuti kehidupan saya sehari-hari yang tak berarti di dunia ini. Elle D itu adalah.............


pic source

BENAR, ELLE D ITU ADALAH BLACKBERRY 9900 SAYA YANG KALO KATA ORANG JAKARTA MAH NAMANYA BB DAKOTA :(((


Sekarang kalian ngerti kan kenapa henpon saya itu namanya Elle D. Iya, saya emang gak kreatif. Jadi kenapa saya bisa kehilangan Elle D? Ya simple. Ketinggalan.
*peras kain topo bekas airmata*


Kejadiannya cepet banget. Gak nyampe 5 menit saya ninggalin tempat itu, saya sadar kalo Elle D gak ada di dalem tas. Saya langsung balik lagi dan ternyata Elle D udah raib seraib-raibnya. Dicari-cari gak ketemu, ditelpon............nomornya udah gak aktif.
*menangis meraung di bawah hujan disusul samberan halilintar*
Sedih? YA BANGET LAH MENURUT NGANA!
Karena selain Elle D merupakan henpon pertama yang saya beli pakai uang saya sendiri itu juga nyicil, saya semacam punya 'ikatan batin' sama dia (well nggak sih, itu cuman perasaan saya aja). Namanya juga henpon yang kesannya paling banyak, ya. Pas ilang, ya sesaklah dada ini. Hidup saya tanpa Elle D itu bagaikan sayur tanpa garam, kain tanpa jahit sulam, Inul tanpa kumis Mas Adam.
...
Oke. Sampe mana kita tadi? Oh iya, hari-hari saya yang kelam tanpa Elle D. Karena menurut saya BlackBerry tipe 9900 ini udah paling pol kecenya. Udahlah bisa type and touch yang bikin ngetik dan klak klik sana sini (baca: gosipan sambil kirim-kirim foto di BBM sebagai barang bukti BWAHAHAHAHAHA), prosesornya gede jadi gak sering lemot dan nge-lag, OS7 yang lebih simple dan praktis juga tampilannya jadi kalo mau ada ngerubah settingan gak usah berjuta-juta kali ngeklik (oke, ini saya lebay). Kameranya walaupun saya sebel banget kenapa dengan harga semahal itu tetep gak pake autofokus pun pixelnya udah tinggi, jadi hasilnya kece. Dan dengan paket XL BIS Lite (baca keterangannya di website resmi XL di sini) hanya dengan Rp 59 ribu bisa mengejawantahkan dunia per-internetan-baik-browsing-maupun-social-media-maupun-BBM bisa terlaksana dengan baik. BERKAH TUHAN MANALAGI YANG MAU SAYA PUNGKIRI DENGAN BLACKBERRY 9900 INI WAHAI PARA PEMBACAAA??!

Untungnya saya punya handphone back up yang bisa mem-back up kebutuhan soksial saya sehari-hari. Email, reminder, social media, secara saya ini orangnya artis banget ya, jadi ya mau gak mau lah saya harus memenuhi kebutuhan mendasar saya sebagai sosialita ini, secara saya kan ya sehari-hari sama Olla Ramlan.............bawain tas belanjaannya.
*ternyata asisten*
Namun tetap walaupun ada back up, langit terlihat gelap. #rhyme
SAYA KANGEN ELLE D. Siang -malam, terlelap-terjaga, lapar-kenyang, haus-kembung, kembang tahu-kembang sepatu, oke untuk yang terakhir saya gak tau korelasinya apa, cuman enak aja keliatannya kalo diketik di tilcik ini. Tapi di antara kerinduan saya yang meluap-luap terhadap Elle D, saya sadar kalo emang jodoh saya sama Elle D cuman sampai sini aja. Sudahlah cukup penderitaannya dipencet-pencet secara membabi buta selama setahun setengah ini sama saya. Emang saya ada beberapa kali niat mau 'mengistirahatkan' dia dengan ganti HP baru, cuman karena saya masih betah dan sebenernya maksain aja, jadinya saya masih pake aja terus. Emang gitu, ya. Kalo udah cinta emang agak susah ngelepasinnya, bahkan ketika harus maksa..
*pandangan menerawang ke arah langit malam tanpa bulan*

Di antara hari-hari kegalauan saya tanpa Elle D dan kemangkiran saya dari pekerjaan, saya iseng browsing-browsing harga HP, OH TENTU SAJA SAYA TETAP BROWSING HARGA BB DAKOTA! #AnitaEmangAgakSusahMoveOnKaloUdahCinta ternyata masih agak tinggi harganya, gak se-terjun bebas seperti yang saya bayangkan. Jadi, apakah saya tetap membeli tipenya Elle D lagi? OHTENTUSAJATIDAK. Duit segitu mending saya tabung buat santunan...........kepada diri saya sendiri.
*korek-korek kantong*
*keluar debu dan sarang laba-laba*
*menangis iba, tentu saja menangisi diri sendiri*

Tapi saya tetep browsing harga BB lainnya, dan gak ada yang sreg, sampai akhirnya saya meng-klik foto ini.........

pic source

Yes, people. That famous BlackBerry Q10.
Kemudian saya bengong.
Sebengong-bengongnya.
TUHAAAAAAAAAAN. KENAPA INI HENPON BAGUS BANGET KELIATANNYA??!!
First impression saya terhadap BB Q10 ini, I'm impressed. Totally. It reminds me of Elle D, A LOT! Sistem touch and type-nya apalagi. Cuman bedanya, kalo Elle D masih punya trackpad dan keypad 'menu' serta 'back' dan untuk mengangkat atau mengakhiri panggilan telepon, BB Q10 ini enggak. Ibarat kata, kalo Elle D ini anaknya, maka si BB Q10 ini adalah emaknya. Ya suka-suka saya dong mau bilang ini emaknya kek tantenya kek sanak famili kek. Postingan juga postingan saya, blog juga blog saya, kenapa kalian protes? Kalo mau bikin aja blog sendiri, URL-nya tealchickperjuangan.com.
*digulung pake umbul-umbul kampanye. Lukira partai pake kata 'perjuangan', Anitah??!!*
Abis ngeliatin foto-foto dari BB Q10 ini, tak sadar dan tak terasa dagu saya mulai basah. Saya bingung kenapa, ternyata pas sadar, saya udah ileran. YAKALI NGELIATIN HENPON DOANG SAMPE ILERAN!
*disambit serbet*
Gak puas cuman ngeliatin foto-fotonya, saya lanjut browsing spesifikasinya. Here's the things that bikin saya makin ileran, bahkan sampai merembes ke lantai:
*kemudian terdengar sayup-sayup suara, "Iyuuuhhh, Anita jorok deeehhhh. Gak fabulous lagi. Udah yuk gak usah temenin yuk"*

And here we go:
1. Networknya udah 4G.
Walaupun provider di sini juga masih Insya Allah ketentuan sinyalnya, tapi buat sosialita padahal asisten di Jakarta yang kalo mau makan siang laksa aja harus ke Singapore, hal ini akan sangat useful buat saya. Tapi selama ini saya pake XL gak ada masalah, sih. Jadi maaf-maaf aja ya kalo pada ngeluh BBM-nya pending atau browsing macet macam traffic di Jalur Pantura pas lebaran. Saya sih gak ngalamin yang model begitu.
*kibas poni*
2. Internal memori 16 GB, RAM 2GB.
MAK! UDAHLAH PROVIDER SINYAL KECE, RAM-NYA MACAM SI BLEKI LAPTOP SAYA PUN. Pergosipan yang saya lakukan di BBM bisa sangat SANGAT tertunjang. Dari gosipin kang martabak di pengkolan yang menteganya gambar onta arab beneran atau bukan sampe gosipin Pak SBY pake minyak rambut merk apa juga bisa itumah. Yuk mari.
3. Dual kamera, depan-belakang.
Walaupun juga udah banyak hape sejenis maupun lain jenis yang menawarkan fitur ini, tapi spesifikasinya sungguh bikin saya ngiler. Untuk kamera depan udah 8 MegaPixel PLUS AUTOFOCUS AJA DONG. Kalo Elle D dulu 5 MegaPixel dan gak ada autofocus-nya, ini si Q10 udah ada autofocus dan pastinya, LED Flash. Rancak bana. Untuk kamera depan, (kemudian pembaca berseru, "APUAH??!! ADA KAMERA DEPANNYA??!!") oh tentu saja pemirsa. Kamera depan dengan resolusi......... 2 MegaPixel. Untuk perempuan-perempuan yang secara tidak sadar dirinya memiliki tingkat ke-narsisan yang tidak wajar, sungguhlah saya senang dengan kehadiran inovasi seperti ini dan makin ileran untuk punya BB Q10 ini.
4. OS 10.
Buat saya yang mentok di OS 7.0-nya Elle D, sungguhlah suatu kesempatan yang sangat akbar kalo saya bisa menindaklanjuti OS 10 ini untuk di-eksplor. Emang saya anaknya suka ngotak ngatik aja, dan saya rasa OS 10 ini juga sudah tidak sabar untuk dijajah oleh saya. Kami seperti sepasang jodoh yang saling menginginkan untuk segera dipertemukan oleh Tuhan. Oh, BB Q10, Oh Anita. Gitu kira-kira.
*kesamber petir*
5. Fitur 'maps' dan 'compass'.
Buat perempuan yang sering nyasar macam saya, dua fitur ini sangatlah berguna, apalagi maps-nya. Walaupun di henpon lain juga ada, tapi fitur maps yang saya imani sudah kece berat yang terdapat di BB Q10 ini bisa sangat membantu saya. Misalnya gini.
Saya yang kece: Gue jalannya dari rumah mau ke tempat elo gimana?
Temen saya yang gak lebih kece dari saya: Lo dari sini ke sini belok sini situ sini situ terus masuk ke bawah tanah lo baca doa minta keselamatan sama Tuhan terus dari pengkolan situ lo terbang kira-kira tiga meter ke atas dengan kemiringan empat puluh lima seperapat derajat, terus di situ ada pos hansip, lo tanya alamat gue di mana.
Saya yang kece : Kita gak usah temenan lagi aja.
Hal itu akan terjadi kalo saya gak pake maps di BB Q10. Kalo saya pake, gini kira-kira ceritanya:
Saya yang sungguhlah fabulous: Alamat rumahlo gimana?
Teman saya yang fabulous juga sih, tapi gak se-fabulous saya : *nyebutin alamatnya*
Saya: Oke! *ketk alamatnya di maps, kemudian mengikuti arah di navigation feature sambil tetep BBM-an ngomongin apakah Kal El di film Man of Steel memiliki dua saudara laki-laki lainnya yang bernama Kal Al dan Kal Dul.
*diselepet jenggot Ahmad Dhani*
Dan secara saya ini anaknya suka banget eksplor, maka fitur 'compass' ini juga akan sangat berguna buat saya kalo.............saya nyasar di hutan.
NGAPAIN NGANA DI HUTAN?
Sebagai insan yang mencintai alam, tidaklah tidak mungkin saya berjalan-jalan ke hutan dengan gorgeous-nya untuk menikmati suasana alam. Apa? Pakai high heels? Oh tentu saja tidak. Walaupun saya gorgeousnya minta ampun, saya bukan Syahri..............OH LIHAT ITU ADA TIRAI YANG MENYERUPAI PONI ANDIKA KANGEN BAND!! Eh? Apa? Emang itu dia? Oh baiklah.
Nah. Begitulah kira-kira, para pembaca sebangsa dan setanah air. Yang tidak sebangsa sayang sekali ya tidak bisa membaca tulisan ini, secara di alam sana belum ada koneksi internet.
*digentayangin*
Makin lama saya browsing, makin saya ngiler. Setelah saya browsing-browsing tentang BB Q10 ini, saya akhirnya memutuskan untuk berhenti, itu juga setelah orang-orang teriak-teriak kebanjiran. Pas saya nengok kenapa, LOH TERNYATA ITU BANJIR ILER SAYA SAKING KEPENGENNYA SAMA BB Q10!
*ngepel sampe subuh*
 Nah terus saya lagi melototin timeline Twitter, dan ngeliat twitnya Mol yang ini:


And the link leads me to this page. HUWOW! Bekal ngeblog doang bisa dapetin BB Q10! Saya berhenti sejenak ngepelin iler saya yang mulai membanjir melihat terms and conditionnya. Maka dengan bakat menulis saya yang sebenernya cetek banget, serta meminta doa dan restu orang tua juga dukungan penuh dari warga kelurahan Rawamangun, saya canangkan bahwa saya mengikuti kompetisi ini! Mari kita kumpulkan segenap jiwa raga untuk mendoakan Anita memenangkan BB Q10! Ada 'amin' saya dengar di sini, wahai bangsa Indonesia?
*terdengar sayup-sayup dari belakang, "Amiiin!" oh ternyata itu emak saya yang mengamini dari dapur. Baiklah, saya mendapat supporter walaupun itu emak saya sendiri!*
Terus kalo saya bisa dapet BB Q10 dari XL ini saya mau namain siapa, ya?
QQ? Semacam nama kedai kopi.
Qiara? Itumah nama anaknya Teh Nisa
Qumbaba? Terdengar seperti mantra.
Ah, sudahlah. Whatever the name is, nampaknya saya akan memiliki cerita yang gak kalah seru dengan BB Q10 ini kayak cerita-cerita saya dengan Elle D selama kurang lebih satu tahun setengah kemarin. Ah, Elle D. Semoga kamu sekarang berada di tangan yang tepat, ya. Gak jahat sama kamu, pake kamu secara hati-hati dan penuh perasaan. Elle, mami rindu....
*mulai kembali menitikkan airmata*

Tapi satu hal saya yakini dari kejadian ini. If it's meant to be, it will be. And nothing's worth more than everything given to our life. Dari sini saya belajar untuk gak maksa, and learn when and how to let go things I love. TAPI TETEP NGAREP DONG BUAT DAPETIN BB Q10 HOHOHOHOHOHOHO.
*kibas poni, ke kanan dan ke kiri*
Udah ah, sampe sini aja dulu. Saya gak mau panjang-panjang ngeblognya, biar kalian, para pembaca yang setia sama tilcik ini, kangen akan tarian jari saya di atas keyboard untuk kembali membuang waktu kalian dengan postingan-postingan non-sense. Ciao!
*menghilang di balik tirai dengan latar musik orkestra yang membahana*