28 November 2013

The man behind the piano: Gita Wirjawan

Ehaaai pemirsah! Wah, pada sumringah sekali mukanya. Pasti karena pada abis gajian, ya? Iya dong saya tau, itu di jidat kalian ada tulisannya "ABIS NGANTRI DI ATM".
Apa kabar ni semuanya? Di hari yang cer-cer-du alias cerah-cerah-sendu, iya, cerah untuk yang udah pada gajian, sendu buat yang belum.
*dikeplakin sama yang gajiannya di akhir bulan mentok*
Saya tu siang ini lagi browsing-browsing YouTube. Bukan karena saya gak ada kerjaan, tapi karena saya, well, iya deh saya ngaku saya lagi gak ada kerjaan. Lanjout! Tadi sampe mana saya cerita? Oh iya, lagi browsing YouTube! Saya tu lagi browsing-browsing video live music kece yang kekeceannya kurang lebih sama kayak muka dan hati saya, dan dimulailah perjalanan browsing saya dari jazz, dan saya nemuin video ini:


Bukan, fokus saya bukan di Dwiki Dharmawan yang saya akan ikhlas ngelapin keringetnya kalo dia kecapean, tapi lebih ke the man behind the piano. 
YES, PEOPLE! IT'S GITA WIRJAWAN! 

O, my. Saya gak tau kalo ternyata bapak Menteri Perdagangan Indonesia yang akhir-akhir ini namanya sering banget wara-wiri di timeline Twitter, selain kece rupanya juga kece banget main musiknya. Walaupun saya juga awalnya gak tau-tau banget tentang beliau, tapi diberkahi dengan wajah rupawan koneksi internet yang lancar jaya, saya pun browsing-browsing tentang beliau dan nemuin website-nya di gitawirjawan.com, yang ternyata isinya lengkap banget tentang beliau. Apa? Kalian nggak mau ngeklik link-nya karena pengen saya yang ceritain biar saya ada bahan postingan? DIH, PEMBACA MACAM APA KALIAN SEMUA! Tapi bener juga sih, saya juga gak tau mau ngerjain kerjaan apa juga soalnya lagi senggang banget hahahahahaha
*dipecat*

Anyway, sebelom saya lanjut ngetik dengan skill mengetik sepuluh jari saya yang luar biasa hina hebatnya ini menceritakan tentang Pak Gita, saya mau kasih info untuk kalian-kalian yang selama ini tinggal di dalem goa dan gak tau seperti apa Pak Gita Wirjawan, here you go, I show you:

pic source

Nama lengkap the man behind the piano ini adalah Gita Irawan Wirjawan, lahir di tanggal 21 September 1965. WOGH! BAPAK INI VIRGO, TUWIPS! Pak, ikutan saya sini yok pak jadi anggota #VirgoUnite, Pak! Keuntungannya banyak, salah satu dan yang paling utamanya dari keuntungan akan bergabung di #VirgoUnite ini adalah....dapet folbek saya.
*dijejelin akun palsu*
Selain Virgo (PENTING BENER YA ANITAH BAWA-BAWA ZODIAK DI MARI? HAH?), beliau adalah salah satu menteri termuda di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. HUWOW! Biar kata kabinet kita kayak buku Harry Potter ada jilid-jilidannya, tapi saya amazed dengan prestasi bapak kece ini. Saya lanjut browsing dan menemukan bahwa beliau adalah lulusan dari......Kennedy School of Government, Harvard University. Apa? kalian gak tau Harvard itu di mana? Coba tolong itu dibuka dulu jendelanya jangan main Harvest Moon doang kerjaannya. Plis, deh. Kalian malu-maluin kredibilitas saya sebagai blogger ngarep dibilang pinter aja, Harvard University aja nggak tau! Kayak saya dong, pinteran dikit. Barusan buka google dan ternyata Pak Gita merupakan lulusan dari salah satu universitas terbaik di dunia. Pak, saya aja belom pernah bahkan ada keberanian buat liat harga tiket pesawat ke Amerika bapak lulus S2-nya di situ aja, Pak. DUA KALI PULA, PAK. Abis kelar S2 untuk Master of Business Administration di Baylor University, Bapak ambil S2 lagi untuk Master of Public Administration di Harvard. Aduh, Pak.
*ibadah tujuh hari tujuh malem biar bisa ke Amerika*

Saya langsung mikir, pasti beliau orang kaya banget, nih, kuliahnya di Harvard. Ternyata tintah (baca: tidak), pemirsah! He worked so hard to earn for living. Pernah menjalani pekerjaan-pekerjaan 'kasar' seperti pembersih toilet, pencuci piring di restoran (omaigat, Pak. Saya aja udah males banget kalo disuruh cuci sendok sama emak saya, Pak.) sampai penjual kulit ular. Coba kalian yang punya tas atau dompet kulit ular di rumah, cek aja, siapa tau itu kulit ularnya yang pernah dijual sama Pak Gita. YA KALI GITU NAMANYA JUGA USUL SIK! Nih ada pisang goreng coba dimakan dulu, masih enak, gak? Dari kemaren sore itu belinya soalnya..
*digetok batang pohon pisang*

Kelar dari perkuliahannya yang fantastis (woelah pake segala kata "fantastis", Toskah. Gak sekalian pake kata "bombastis"? Wait, I'm thinking about using the phrase later, sih), beliau pun mengawali karirnya dengan menjadi Direktur Corporate Finance di PT Bahana Securities, kemudian jadi.....komisaris PT Pertamina. PAK SAYA DARI AWAL LULUS KULIAH SAMPE SEKARANG MASIH AJA JADI SEKRETARIS PAK GIMANA COBA INI PAK SUPAYA SAYA BISA JADI KOMISARIS PAK!
*kemudian terdapat suara ghoib mencibir berbunyi, "Elu lanjut sekolah aje yang bener, Anitah"*
Ya bener lah ya, great education in a great person never fails. Kalian mau sepinter apapun kalo pikirannya sempit, gak bakal jadi apa-apa. Begitu juga sebaliknya, mau harta berlimpah sebanyak apapun juga kalo pendidikannya gak bener, ya mau jadi apa? Saya senang dengan proporsi Pak Gita. Pas, tidak kurang tidak lebih :D

Kelar browsing-browsing tentang profil beliau, saya pun kembali menyerahkan diri kepada Daniel Radcliffe di poster Harry Potter yang menggantung di dinding kamar saya YouTube. Yoi mamen, saya kembali browsing musik-musik yang dibawakan bapak kece indang, and the 'adventure' leads me to this vid:

YOU'RE RIIIIGHT, PEOPLE. IT'S THE LEGEND, SLAAAANK!

Ajigile, saya jarang banget ngeliat menteri yang se-down to earth gini. Bok, coba sebutin sini pejabat negara mana yang main ke Potlot coba manaaa! Saya pun makin sukria a.k.a suka sama beliau, karena kerendahan hati yang tidak tertutup oleh bakat bermusiknya yang kita semua bisa liat sendiri dari video-video yang saya sajikan di postingan ini. Ih, asik banget ya bahasa saya. Udah cocok jadi news anchor, belom? Apa? Belom? Ah, itu karena kalian sirik sama saya aja. Padahal saya mah beda tipis sama Chantal Della Concetta. Saking tipisnya sampe saya aja gak tau dimana bedanya. 
*disambit cermin buat ngaca. JAUH, NYET!*
Di video nge-jam bareng Slank ini, beliau terlihat nyatu aja gitu sama ambience-nya. Nggak ada saya liat beliau jaga jarak. Ah, pak. Saya jadi ngefans sama Bapak. Semoga kerendahan hati dan kesederhanaan ini terus membawa bapak ke arah  yang lebih baik. Amin!
Dalam video ini pun, Slank memberikan opininya mengenai beliau. 
"Berani, tegas, cerdas". katanya. Juga mereka bilang "Kita bisa lebih baik". Iya, dengan keberanian, kita bisa menjadi lebih baik, dan pastinya berani lebih baik. Saya setuju, Slank! SETUJU!!
*kibar-kibarin bendera Slank*

Selesai dengan video nge-jam bareng slank, saya pun lanjut browsing-browsing unyu tentang Pak Gita, dan menemukan website resmi yang memuat berita-berita tentang Pak Gita di ayogitabisa.com. Segala macem update berita bisa diliat di situ, and it's daily updated, gak kayak blog saya di tilcik ini yang ada postingan baru seminggu sekali aja udah sukur..
*sapu-sapu debu dan sarang laba-laba di teras blog*
Saya abis browsing-browsing tentang beliau gini pun jadi termotivasi. Like he always says,

Yes. For me, we're sometimes too afraid to dream big 'cos we (often) think it's a big deal that'll eventually lead us to failures (which will also lead us to disappointment), in fact everytime we work on something big, the universe conspires to give the best that we're worth. And that's how BIGGER we are than we've ever thought.

And I'm enlightened by writing this post. Thank you, Sir :)

Nah. Sekarang, makan siang apa kita hari ini?