03 November 2013

Cerita Patas

Ehaaai! Kalian pasti berpikir ngapain saya nulis malem-malem begini, apalagi hari Minggu. Besok kan harus kerja? Apah? Besok bukannya hari kejepit karena Selasa-nya tanggal merah? Hah? Kantor kalian gak cuti bersama? HAHAHAHAHA! Sama, dong.
*puk puk*
Iya, nih. Saya besok masih kerja baru Selasa-nya libur. Gak apa-apa, lah. Toh perjalanan menuju kantor saya juga biar kata macet, saya gak akan menderita di dalam bus pemerintah yang punya jalur sendiri itu. PFFFT!
*dipelototin Pak Jokowi*
Ya gimana, dong. Saya ini kan tipikal orang yang kalo pagi-pagi mood udah turun, akan nempel seharian. Daripada gara-gara bela-belain ongkos lebih murah tapi saya harus desek-desekan di dalem bus yang penuhnya naujubilah itu PLUS berdiri selama perjalanan dan bergelayutan, mending saya hindarin aja yang begitu modelnya. IYA IYA INI SAYA LAGI NGOMONGIN BUS TRANSJAKARTA YAAMPON NGAPA PADA LEMOT AMAT SIK?!
*dijejelin karcis sekerdus*

"Loh terus kalo gak naik TransJakarta, kamu ke kantor naik apa, Anita?" tanya para pembaca (imajiner) kepada saya.
Jawabannya adalah....

Saya naik helikopter.
*disabet baling-baling*
Enggak, deng, para pembaca sekalian. Saya kalo ke kantor tuh naik....delman.
*disepak kuda*
IYA IYA INI SAYA SERIUS JAWABNYA!
Saya kalo ke kantor itu naik...
*drum rolls*
*alunan biola dan piano mengalun dramatis*
Bus Patas AC 16
*kemudian kembang api pun menyala-nyala di langit atas Monas*
Apa? Pada heran apakah bus Patas masih ada? Ya jelas, lah! Terus menurut kalian, saya udah dua tahun lebih kerja di daerah Sudirman masa iya selama ini saya kerja naik bus imajiner, yang kalo saya bayar ongkos ke keneknya, uang saya menjadi daun dan menyan? Ini Jakarta apa gunung Kilimanjaro?
(Disclaimer: Saya juga gak tau gunung Kilimanjaro itu di mana. Jadi, mohon abaikan asumsi kalian mengenai luasnya wawasan saya)

Kenapa eh kenapa saya lebih milih Patas 16 ini untuk transportasi saya berangkat ke kantor? Karena eh karena, selain rumah saya deket terminal(di DEKAT, ya. Bukan di dalamnya, apalagi di atasnya. Ngana pikir kita kemping?) yang menjadi pangkalan pertama keberangkatan bus ini, saya senang sama jadwal Patas 16 yang tetap. Ingat, ya. TETAP. Kalo naik bus yang punya jalur sendiri itu saya bisa cranky gara-gara jadwalnya yang gak tetap. Belom naik bus aja udah bete, gimana pas udah di dalem bus harus desak-desakan lagi? Bisa-bisa di halte Dukuh Atas saya udah meng-kamehameha seisi halte, dimana karcis-karcis akan bertebaran dramatis dan berubah menjadi abu.....lengkap sama embak-embak penjual loketnya yang gosong kayak di film Warkop DKI jaman dulu.
Jadwal departure (ih asik ya saya, buat Bus Patas aja pake istilah bahasa Inggris. Sekarang kalian tau kan seberapa pinternya saya? *dikeplak*) Patas 16 ini dari jam 6 pagi, kemudian 6.30, lalu 6.45, 7 pagi, dan yang terakhir 7.15. Katanya sih ada yang dari jam 5.30 pun, cuman saya belom sempet verifikasi data (baca: bangun dari tidur aja belom jam segitu) jadi ya saya sebut aja jam 6,  ya.
Selain ketepatan waktu keberangkatan pun, saya pun sudah bisa dipastikan akan mendapat kursi untuk duduk BISA MELANJUTKAN TIDUR DI DALAM BUS DARI SEPANJANG JALAN KE KANTOR MUAHAHAHAHAHA. Nah, sekarang kalian tau betapa bahagianya hidup saya. Tapi saya punya tips nih untuk para pembaca yang mungkin habis membaca postingan ini akan terinspirasi untuk menemui saya di bus Patas 16 untuk sekedar minta tanda tangan atau foto bareng. BAWALAH MASKER! Bukan, bukan masker muka anti acne karena kalian dipastikan akan menuai pandangan "Ih-orang-gila-nih" dari penumpang lainnya, tapi masker kain yang menutupi wajah itu loh. Apa? Kalian masih bertanya hal itu buat apa? YA BUAT NUTUPIN MULUT SELAMA TIDUR DI PATAS, DONG! Kalian kan gak tau akan sepulas apa tidur kalian di Patas dan kemungkinan kalian akan tidur mangap atau ileran juga cukup besar. Jadi intinya, masker ini buat jaga gengsi. Ya gak apa-apa, biar kata bayar cuman Rp 7.000,- kan juga gengsi kudu dijaga, bok.
And yes, saya juga pake masker selama perjalanan.
Ada online shop yang mau endorse masker? Nanti saya foto di Patas, deh. Caption-nya "Me and my mask from [nama online shop]. Look, even the driver likes it!" oh tentu saja lengkap dengan muka supirnya yang jijik melihat saya.
...
Baiklah, cukup saya manjakan visual kalian dengan masker. Lanjout? LANJOUT!

Tadi udah saya sebutin berapa faktor tuh. Saya keliatannya jatuh cinta beneur sama Patas ini. Ibarat kata pacar, Patas ini adalah tipe pacar pengertian yang kalo kita bilang laper dia akan beliin makanan sama restoran-restorannya. Apalagi, ya? Hmmm. Oh, iya! Pengamennya pun suaranya bagus. Berasa lagi nonton konser aja, gitu. Walaupun lagunya itu-itu aja, tapi pas lah suara-suaranya buat lagu pengantar tidur (dengan masker, pastinya). Tapi kalo lagi apes (baca: berangkat rada siangan) ya kalian akan menemukan pengamen bersuara sember yang kalo denger dia nyanyi kita bawaannya pengen mijetin urat di lehernya. Bisa jadi buat pengantar tidur juga, sih. Tapi mimpinya ntar mimpi buruk :))
*disambit gitar*

Tapi hal yang paling mencolok dari semua kecintaan saya terhadap Patas ini ya tak lain dan tak bukan adalah keneknya. Saya awalnya gak merhatiin karena saya pikir ya namanya kenek pasti ganti-ganti. Tapi makin kesini saya makin ngeh kalo keneknya ternyata itu-itu aja. Bukan, bukan karena keneknya menyamar dengan wig dan kumis palsu jadinya kelihatan beda. Aduh kalian ini jadi pembaca pinteran dikit kenapa, sih.
*dilindes Patas yang didorong rame-rame sama para pembaca yang dendam*
Maksud saya, saya pikir itu keneknya akan beda-beda setiap harinya dari berbagai macam terminal, gitu. Jadi ada rotation kayak pemain voli. Cuman ternyata, walaupun berbeda-beda, ternyata orangnya itu-itu aja. APA? MASIH GAK NGERTI JUGA? YAUDAH DEH SAYA CERITAIN AJA ORANG-ORANGNYA!
*tenggak extra joss*
Ada beberapa kenek yang sangat familiar di otak saya. Saya pun punya nama panggilan kesayangan sendiri buat mereka masing-masing (yang pastinya hanya saya simpan di dalam kepala untuk menghindari salah persepsi. Ya iya, dong. Kalo besok-besok saya pas mau bayar ongkos sama salah satu keneknya dia bilang, "Nggak usah, Neng. Gratis aja sama Abang. Tapi abis itu kita ngopi, ya?" gimana? Kalian mau tanggung jawab? Kalian mau bayarin polis asuransi saya sampai sepuluh tahun ke depan? Hah? HAH?!).

Kenek-kenek kendaraan mewah dua pintu (ya menurut kalian, Patas punya berapa pintu?) saya ini ada Pak Endut, Pak Tua, Pak Kelinci, Ibu Preman (HELL YEAH, PATAS JUGA PUNYA KENEK PEREMPUAN! How awesome it is!), dan Ibu Mellow.
Here's some description about them:
1. Pak Endut.
Dari nama panggilannya, I assume kalian tidak membayangkan laki-laki dengan ukuran jempol kaki sekelingking dan perut rata bahkan cenderung cekung ke dalem, kan? Pak Endut ini adalah kenek yang luar biasa menurut saya. Di dalem Patas yang kalo udah rush hour-nya Jakarta desek-desekannya udah kayak lele di empang yang lagi di kasih makan (baca: berkerubung), Pak Endut ini mampu me-manage timing di mana dia harus berjalan dari ujung Patas satu ke ujung lainnya. Tubuhnya pun lentur luar biasa. Saya pernah terima nasib untuk berdiri di Patas gara-gara gak dapet duduk dan udah gak punya waktu untuk nunggu bus berikutnya berangkat, Pak Endut ini kebetulan keneknya. Dan setelah nagih ongkos saya, dia otomatis menjalani fase berikutnya: Sliding through the aisle. Aisle-nya ini ya cuman 50 cm lebarnya. Dan dengan kondisi penumpang yang rapet jaraknya, HE SUCEEDED. Saya curiga dulunya Pak Endut ini pernah ikutan les balet. Salah satu cirinya Pak Endut yang ramah dan ceria ini, dia kalo nagih ongkos gak ngomong, "Ongkosnya ongkosnya", tapi "Ya ibu-ibu, arisan dulu arisaaan!" untung dia gak bawa-bawa gelas dikaretin plastik yang isinya nama penumpang di dalem situ. Kalo iya kan repot tiap mau naik Patas harus daftar ulang.

2. Pak Tua.
Kalian kali ini gak ngebayangin berondong kekar dengan perut kotak-kotak yang berderet kayak apartemen baru jadi, kan? Kalo iya, tolong kalian berhenti baca postingan ini dan segera ke kantor pemasaran terdekat karena Senin harga naik.
Pak Tua ini adalah salah satu kenek yang halus bicaranya tapi tegas. OHJELAS DONG DI DALAM PATAS JUGA HARUS DITERAPKAN KEDISIPLINAN! Kedisiplinan macam apa yang dia terapkan? Dari penumpang yang berdiri di dalamnya, pastinya. Kan ada tuh tipikal penumpang yang gak mau diatur berdirinya jarang-jarang jaraknya satu sama lainnya. Kalo udah begini, dia akan meminta penumpang untuk bergeser supaya penumpang yang baru naik ke dalam Patas bisa masuk ke dalam barisan. Pernah ada yang gak mau disuruh geser terus Pak Tua ini bilang, "Tolong digeser ya, Mbak. Kalo nggak mau desak-desakan ya naik taksi aja"
Saya curiga dulu Pak Tua ini ikut kelas militer.

3. Pak Kelinci.
Pak Kelinci ini merupakan kenek yang paling kalem dan hampir gak ada suaranya, kecuali kalo lagi "YA SUDIRMAN PONDOK INDAH BULUS-BULUUUUUS!" di ambang pintu Patas. Nickname ini pun saya berikan untuk dia dua gigi depannya agak tonggos seperti kelinci. Eh tapi Agnes Monica (apa Montanna, ya? Udah ganti nama belakang belom sih dia? Saya mau nawarin bubur merah putih, soalnya) juga dua gigi serinya agak kayak kelinci, ya? Apa saya ganti aja ini nickname untuk keneknya dari 'Pak Kelinci' jadi.......Pak Agnes Monica/Montanna?
*digebugin Timbaland*

Nah, cukup dengan deskripsi cerita 3 kenek laki-lakinya. Now we move to the women!

4. Ibu Preman.
ASLIK INI EMAK-EMAK PREMAN BENERAN SAYA RASA! Dia suaranya kencang, badannya walaupun agak petite tapi kekar. Rambutnya keriting sebahu, kalo ngenek pake kaos, jeans, jaket dan sendal. Kalo Pak Tua mengakhiri argumen penumpang yang gak mau geser dengan kenyinyiran, maka Ibu Preman ini akan nyamperin penumpangnya dan memaksa si penumpang untuk bergeser. Diawali dengan "Neng, tolong geser ya ini ada penumpang baru masuk yok kasih jalan ya, cantik" dan kalo si Neng gak denger, akan di-point dengan "Neng itu yang baju merah tolong ya Neng digeser Neng masih bisa itu masih bisa" dan kalo tetep si Neng berbaju merah ini pura-pura gak denger entah emang dia punya gangguan di telinga atau tau-tau lagi kesambet setan budeg, maka Ibu Preman akan nyamperin si Neng dan DIGESER AJA DONG :))
Pernah juga saya lagi bayar ongkos ke Ibu Preman dan uang saya jatuh ke aisle Patas, dan pas saya nunduk, saya lihat kuku ari di jempol kaki si Ibu Preman cuman setengah, karena bisa jadi patas atau bahkan copot saya nggak tau. SUNGGUH BADASS SEKALI IBU PREMAN INI! :)))

Kalo tadi saya bikin deskripsi si Ibu Preman yang badass dan jiwa jagoannya tinggi, kali ini saya mau menceritakan kenek terakhir pada kehidupan per-Patas-an saya selama ini, yaitu.....

5. Ibu Mellow.
Kalo Ibu Preman tadi merupakan potongan ibu-ibu yang dapat menjaga keamanan jiwa kalian selama ber-Patas, maka Ibu Mellow ini pun tidak. Dengan wajah yang agak mellow (tapi cantik, tulang pipinya tinggi dan hidung yang mancungnya kayak Siti Nurhaliza. Jangan tanya kenapa saya bisa tau tipe hidungnya Siti, nanti kalian bisa tau se-nggak ada kerjaan apa saya di kala senggang), dia cenderung diam dan gak banyak omong. Ngatur penumpang pun cuman gitu-gitu aja. TAPI JANGAN SALAH KALO BERANTEM, DIA JUARANYA!
Pernah waktu itu Patas yang saya tumpangi lagi berkenek si Ibu Mellow ini, dan ada pengendara motor yang ngeyel mau nyelip Patas saya tapi gak bisa dan akhirnya digebrak lah bodi Patas saya. Kalian tau apa yang Ibu Mellow ini lakukan?
Yak, benar. Dia teriak, "WOY!" terus turun Patas, dan berantem sama si pengendara motor. ZUNGGUH ZUPER :)))

Saya bisa bilang kalau saya banyak belajar dari kehidupan per-Patas-an saya ini. salah satunya yaitu belajar untuk lebih bersyukur. Para kenek inilah pemicunya. Dengan penghasilan (yang menurut pikiran dangkal saya) tidak seberapa, mereka bisa membuat hari saya menjadi lebih baik dari hal-hal kecil yang mereka lakukan, seperti tidak pernah mengeluh di depan penumpang, dan kadang melempar canda di tengah macet. Sebuah bukti mensyukuri hidup yang tidak akan saya alami kalau saya memilih transportasi umum jenis lainnya.

Kalau mereka yang kita pikir jauh lebih sederhana dari kita saja bisa bersyukur, mengapa kita tidak? That is, my friend. The challenge of life.
:)